Apa Penyebab Banyaknya Lendir di Paru-paru?

Jakarta, KabarBerita.id — Produksi lendir yang berlebihan pada paru-paru bisa menyebabkan beberapa gejala seperti batuk atau sesak nafas, sehingga membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Kemudian apa penyebab banyaknya lendir pada paru-paru?

Produksi lendir berlebih menandakan adanya masalah kronis pada sistem Pernapasan termasuk penyakit paru obstruktif kronis. Meski pada dasarnya bermanfaat untuk menyaring Patogen yang masuk, akan tetapi produksi terlalu banyak lendir bisa menyebabkan kesulitan bernafas.

Dalam jangka panjang produksi lendir kronis di paru-paru dapat mempengaruhi kesehatan. Kondisi ini juga dapat merusak saluran udara dan mengurangi fungsi paru-paru.

Selain itu kondisi ini juga bisa membatasi kemampuan untuk aktif secara fisik hingga dapat menurunkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Penyebab banyaknya lendir di paru-paru sendiri karena lendir diproduksi oleh sel Goblet yang ditemukan di selaput lendir tubuh. Lendir ini memiliki tujuan untuk menjebak Patogen yang masuk ke dalam tubuh.

Dalam beberapa kasus penyebab menumpuknya lendir pada paru-paru mungkin dipicu oleh ketidakmampuan untuk mengeluarkan kelebihan lendir melalui batuk. Hal ini bisa terjadi karena melemahnya otot paru-paru atau tenggorokan.

Tidak hanya itu, berikut ini merupakan beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab banyaknya lendir pada paru-paru.

1. Alergi
Alergen seperti serbuk sari, polusi atau kelu bisa menyebabkan iritasi. Tubuh berusaha membersihkan zat alergen dengan membuat lebih banyak lendir untuk dikeluarkan melalui batuk.

2. Asma
Asma dikaitkan dengan pembengkakan dan peradangan pada saluran pernapasan yang juga menyebabkan produksi lendir berlebih. Gejala asma meliputi sesak nafas, nyeri dada dan batuk.

3. Infeksi
Franky this adalah kondisi infeksi virus paru-paru. Ketika Anda mengalami Franky this maka kekebalan tubuh mencoba menyebarkan virus dan mengeluarkannya dari tubuh. Sehingga kondisi ini bisa menyebabkan produksi lendir berlebih.

4. Merokok
Merokok serta paparan asap rokok merupakan faktor terbesar dalam produksi lendir berlebih yang kronis. Merokok bisa menderita Franky this kronis dan memiliki peningkatan jumlah sel goblet dan sel radang saluran nafas.

5. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
Beberapa pasien PPOK mengalami adanya peningkatan produksi lendir karena memiliki lebih banyak sel goblet daripada orang tanpa PPOK.

6. Dehidrasi
Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka lendir bisa menebal dan rambut rambut kecil yang disebut sila mengalami kesulitan mendorong lendir ke seluruh tubuh.

Itulah merupakan penjelasan seputar penyebab banyaknya lendir di paru-paru yang harus diwaspadai.

Tinggalkan Balasan