Berita  

WHO Sebut Semua Hipotesis Asal-usul Covid-19 Masih Terbuka

Jakarta, KabarBerita.id — Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganggap semua hipotesa terkait asal Covid-19 masih terbuka. Pernyataan dari Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus ini membuat berbagai teori, termasuk kemungkinan berasal dari kebocoran laboratorium di Wuhan, masih diperhitungkan.
Sebelumnya tim khusus WHO yang sudah berkunjung ke Wuhan untuk meneliti jejak asal Covid-19 mengesampingkan potensi virus lepas dari laboratorium Wuhan. Kepala tim WHO Peter Ben Embarek mengatakan insiden laboratorium ‘sangat tidak mungkin’ dan tidak perlu diteliti lebih lanjut.

“Beberapa pertanyaan muncul apakah beberapa hipotesis telah dikesampingkan. Setelah berbicara dengan beberapa anggota tim, saya mau mengonfirmasi bahwa semua hipotesis tetap terbuka dan membutuhkan analisis serta penelitian lebih lanjut,” kata Tedros seperti diberitakan Reuters, Jumat (12/2).

Tedros juga menjelaskan beberapa pekerjaan tim kemungkinan berada di luar kendali dan cakupan misi.

“Kami selalu mengatakan misi ini tidak akan menemukan semua jawaban, tetapi telah menambah informasi penting yang membawa kami lebih dekat untuk memahami asal-usul virus Covid-19,” ucap Tedros.

Tim WHO sudah hipotesis utama tentang asal Covid-19 yakni berasal dari kelelawar dan ada beberapa skenario bagaimana menular ke manusia, termasuk makanan beku impor.

Tim WHO menghabiskan waktu hampir sebulan di Wuhan setelah tiba pada 14 Januari. Mereka mengunjungi berbagai tempat, termasuk pasar makanan laut Huanan, tempat ditemukan orang positif Covid-19 pertama kali.

Tinggalkan Balasan