Tips Turunkan Berat Badan di Malam Hari

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Saat malam hari kita lebih memiliki waktu luang yang panjang yang seringkali dihabiskan untuk bersantai dan menikmati camilan. hal tersebut mengakibatkan kurangnya gerak dan jadikan salah satu faktor penambah berat badan.

Terlebih lagi seringkali kita mengonsumsi makanan yang tinggi garam, kalori, serta karbohidrat.

Tetapi kita tidak perlu khawatir karena terdapat cara untuk turunkan berat badan saat malam hari terkhusus bagi kita yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk berolahraga di pagi hari.

Menurut WebMD demi turunkan berat badan kita tidak perlu harus latihan dan melakukan olahraga berat,melainkan kita bisa melakukan kegiatan yang bantu tubuh untuk aktif bergerak di malam hari sebagai berikut

1. Menyibukkan diri dengan beberapa kegiatan

Sebaiknya kita menghindari untuk menghabiskan malam panjang hanya dengan menyantap camilan dan bersantai.

Sebelum tidur kita wajib mencoba untuk melakukan beberapa kegiatan seperti menulis jurnal, membereskan kamar tidur, dan berkegiatan lain agar perhatian kita teralihkan dari makanan.

2. Jangan makan sebelum tidur

Beberapa orang menganggap bahwa makan sebelum tidur dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Hal tersebut justru malah akan membuat perut menjadi begah dan sulit untuk tidur.

Makan malam yang diperbolehkan ialah memiliki jeda maksimal dua sampai tiga jam sebelum tidur. Dan demi menyehatkan badan, kita sebaiknya memilih makanan yang tidak tinggi kalori.

3. Melakukan olahraga ringan

Terdapat beberapa olahraga ringan yang bisa bantu kita turunkan berat badan di malam hari yakni misalnya dengan naik-turun tangga,membereskan rumah,dan berjalan santai mengelilingi rumah.

Apabila kita memiliki waktu di sore harinya,maka olahraga yang dapat kita lakukan ialah bersepeda atau jogging. Dengan olahraga tersebut nantinya tubuh kita menjadi lelah dan mengantuk sehingga terhindar dari makan malam dan tidur menjadi lebih nyenyak.

4. Terapkan Jam tidur yang teratur

Demi mengontrol berat badan dan jaga kesehatan kita sebaiknya terapkan jam tidur yang teratur. Bagi orang dewasa usia 18 hingga 64 tahun idealnya butuh 7-9 jam perhari untuk tidur. Sementara bagi lansia di atas 60 tahun idealnya membutuhkan waktu tidur 7-8 jam perhari.

5. Menyikat gigi setelah makan malam

Setelah 60 menit dari jam makan malam,sebaiknya kita biasakan untuk menerapkan menyikat gigi demi bantu terhindar dari keinginan untuk memakan camilan.

Saat malam hari metabolisme tubuh menjadi lebih lambat sehingga kita disarankan juga untuk tidak mengonsumsi makanan berat.

6. Melakukan meditasi

Salah satu faktor yang bisa sebabkan kenaikan berat badan ialah stres. Sebaiknya kita luangkan waktu di malam hari untuk melakukan meditasi.

Meditasi bisa bantu untuk turunkan tingkat stres sekaligus meningkatkan kualitas tidur agar menjadi lebih nyenyak.

7. Mematikan lampu saat tidur

Mematikan lampu kamar ketika tidur bisa bantu tubuh untuk memproduksi hormon melatonin dan bantu metabolisme tubuh untuk memaksimalkan kerja.

Kita hanya perlu menggunakan lampu tidur yang cahayanya redup sehingga tidak perlu dipaksakan secara menyeluruh hingga gelap gulita.

Tips diatas memang tidak sepenuhnya efektif karena kita juga wajib untuk mengimbangi dengan pola hidup sehat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan