Peringatan Awal Penyakit Diabetes dan Kanker Tampak dari Warna Lidah

Jakarta, KabarBerita.id — Para ahli kesehatan menegaskan bahwa tanda-tanda dini penyakit diabetes dan kanker bisa dikenali melalui warna lidah seseorang. Tim peneliti dari Harvard menyatakan bahwa kondisi kesehatan seseorang dapat tercermin dari penampilan, warna, dan tekstur lidah.

 

Dalam artikel ilmiah terbaru mereka, para ilmuwan menegaskan bahwa lidah yang sehat seharusnya memiliki penampilan bulat dan simetris, dengan kemungkinan adanya lapisan putih. “Umumnya, warnanya merah muda terang, namun beberapa orang mungkin memiliki pigmentasi ungu atau coklat, terutama pada populasi Afrika, Asia, dan Mediterania,” ungkap studi tersebut sebagaimana dilaporkan oleh Express.

 

Menurut Tien Jiang, seorang Odontolog di Departemen Kesehatan Mulut Masyarakat dan Epidemiologi di Harvard Medical School, lapisan putih pada lidah berasal dari protein tahan lama yang disebut keratin. Selain itu, warna lidah juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Hal ini disebabkan oleh adanya benjolan kecil di lidah yang disebut papila, yang menyerap warna dan residu dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

 

Meskipun begitu, penelitian menunjukkan bahwa ada tiga warna lidah yang bisa menjadi tanda peringatan dari penyakit serius, termasuk diabetes.

 

1. Coklat atau hitam: Lidah yang berwarna coklat atau hitam dapat menunjukkan kondisi yang dikenal sebagai ‘lidah berbulu hitam’, yang terjadi ketika papila tumbuh terlalu besar. Biasanya, benjolan kecil ini tidak memiliki ruang untuk tumbuh, tetapi jika tumbuh, dapat menangkap bakteri dan residu makanan, menyebabkan perubahan warna menjadi coklat atau hitam. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai faktor seperti merokok, penggunaan antibiotik, mulut kering, konsumsi kopi atau teh berlebihan, dan kebersihan mulut yang buruk.

 

2. Noda atau luka berwarna putih: Noda putih atau luka di lidah bisa menjadi tanda pertumbuhan jamur yang berlebihan. Kondisi ini bisa terkait dengan penyakit seperti diabetes, AIDS, penggunaan antibiotik, pengobatan kanker, gigi palsu, merokok, atau mulut kering. Dalam kasus yang lebih parah, luka tersebut bisa menjadi indikasi kanker mulut.

 

3. Merah terang: Warna merah terang pada lidah bisa mengindikasikan kekurangan vitamin B12, demam berdarah, atau radang tenggorokan. Namun, dua kondisi terakhir biasanya disertai dengan ruam merah.

 

Tiga tanda penyakit serius yang bisa dilihat dari warna lidah, termasuk diabetes, sebaiknya menjadi peringatan bagi setiap individu. Disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter jika menemukan tanda-tanda tersebut.

Tinggalkan Balasan