Penurunan Stunting di Jakarta Utara adalah Kerja Keras Bersama

Jakarta, KabarBerita — BKKBN menggelar Sosialisasi Pencegahan Stunting dari Hulu dalam Rangka penguatan peran serta mitra kerja dan stakeholder dalam implementasi kegiatan prioritas pembangunan keluarga. Acara bertempat di Jln. Manunggal 2 Kalibiru, Cilincing Jakarta Utara 03 April 2023.

Awalan acara dimulai dengan pembukaan oleh Kasi Penggerakan Ketahanan Keluarga (PK2) Sudin PPAPP Jakarta Utara Djuni Astutik sebagai. Ia mengatakan terima kasih dengan kehadiran bapak Carles Honoris diwilayah jakarta utara atas perhatiannya dengan perkembangan stunting yang terjadi diwilayah Jakarta Utara.

“Karena dengan kehadirannya beliau menghimbau untuk melakukan pendampingan terhadap ibu yg memiliki balita ataupun batita sehingga angka stunting bisa menurun diwilayah ini,” ujarnya. Tak lupa Djuni mengakhiri dengan pembagian beberapa doorprize dalam bentuk kuis tanya jawab.

Paparan dilanjutkan Wakil Ketua Komisi IX DPR RInCharles Honoris. Charles membuka acara Sosialisasi dengan menyapa para peserta dengan semangat mengucapkan MERDEKA, untuk salam pembuka.

Sebelum dimulainya paparan oleh Charles, tak lupa adanya profesi pengukuhan Duta Genre Kecamatan dan Keluarahan oleh Charles Honoris sendiri.

Charles langsung menyampaikan pesan bahwa beliau sekarang ada dikomisi IX yang membidangi Kesehatan, ketenagakerjaan dan kependudukan.

“Sehingga dengan adanya peran terkait kesehatan dan kependudukan maka kami menekan untuk angka stunting saat ini ada di 21,6%, dan kondisi sekarang untuk Jakarta Utara sendiri anak terancam stunting dalam angka 16,8 % dan jakarta agar lebih turun lagi,” himbaunya.

Dan ditambah bahwa stunting tidak akan bisa turun, bila tidak adanya peran aktif bersama-sama agar tercapainya angka stunting yang ideal dengan cepat. Ia pun mengakhiri dengan beberapa pertanyaan terhadap peserta disertai dengan pembagian doorprize.

Sementara itu, Cikik Sikmiyati, S.IP., M.M sebagai Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana Ahli Madya BKKBN PUSAT, mengawali dengan pemberian doorprize agar tetap fokus dan semangat pengikuti sosialisasi ini dengan memberikan doorprize sebelum memulai menyampaikan paprannya.

Ia mengatakan bahwa dalam penanganan penurunan stunting harus kita mulai salahsatunya adanya peran aktif dari ibu yang memiliki balita atau batita untuk memiliki pendamping yang ada diposyandu terdekat diwilayah rumah mereka masing masing, agar adanya pendampingan secara baik dan untuk kita mencapai indonesia emas 2045 nantinya dan kalo bisa sebelum itu sudah kita capai. Dan diakhir beliau juga mengatakan tidak akan ada kata terlambat untuk stunting ini, ujarnya.

Disesi penutup hadir pula Bapak Drs. Hendry Novtrizal Kepala Bidang Perlindungan Anak Dinas DPPAPP Provinsi DKI Jakarta mengatakan, kembali mengingatkan para serta agar selalu memperhatikan sebelum melakukan pernikahan, setelah menikah dalam keinginan mempunyai anak, dan setelah mempunyai anak dalam masa harus adanya kepedulian orang tua agar tidak terjadinya stunting pada anak kita yang dimana akan menjadi harapan kita semua dimasa akan mendatang, tutup beliau.

Acara pun ditutup dengan pembagian doorprize 1 unit sepeda dan beberapa doorprize lainnya kepada peserta dan acara ini diakhiri dengan foto bersama dengan para narasumber yang hadir.

Tinggalkan Balasan