Wabah DBD Melanda Subang: Ratusan Terjangkit, Delapan Meninggal Dunia

Wabah DBD Melanda Subang: bang, KabarBerita.id — Subang, Jawa Barat, dilanda wabah demam berdarah dengue (DBD) dalam empat bulan terakhir sejak awal tahun 2024. Sebanyak delapan orang telah kehilangan nyawa mereka akibat gejala yang parah.

 

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciereng Subang masih terus menerima pasien DBD, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, yang umumnya mengalami demam dan bintik-bintik merah pada kulit.

 

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Ciereng Subang, dr. Samsu Riza, mengungkapkan bahwa sebanyak 489 orang telah terdiagnosis mengidap DBD dalam empat bulan terakhir.

 

“Puncak kasus terjadi pada Januari dengan sekitar 154 orang, diikuti oleh Februari dengan 135 orang, Maret 147 orang, dan April 53 orang, total 489 orang,” kata dr. Samsu kepada Beritasatu.com pada Selasa (23/4/2024).

 

Lebih lanjut, dr. Samsu menjelaskan bahwa kasus terbanyak terjadi di Kecamatan Subang Kota, sementara sisanya tersebar di hampir semua kecamatan di Kabupaten Subang.

 

Masyarakat diingatkan untuk menerapkan perilaku hidup sehat dan menjalankan tindakan pencegahan 3M, yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang-barang yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti, pembawa virus DBD, untuk menghindari penularan virus DBD.

Tinggalkan Balasan