AHY: Banyak Program Jokowi Grasa-Grusu

Jakarta, KabarBerita.id — Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut banyak program pemerintahan Presiden Joko Widodo yang tidak didasari pertimbangan matang.

“Kami cermati bahwa tata pemerintahan saat ini tidak berjalan dengan baik. Banyak program pemerintah yang dilakukan, grasa-grusu, terburu-buru dan kurang perhitungan,” ujar AHY dalam pidato politiknya di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (14/3).

Salah satu yang disebut AHY adalah program food estate. Dia mengatakan program tersebut telah menghabiskan anggaran triliunan Rupiah.

Menurut dia, program itu hanya mengandalkan ekstensifikasi lahan namun mengabaikan faktor ekonomi dan sosial masyarakat sekitar.

AHY juga menyinggung Undang-undang Cipta Kerja yang keluar dari norma hukum. Akibatnya, digugat ke Mahkamah Konstitusi.

“Kurang baiknya tata kelola pemerintahan juga tercermin dari lahirnya aturan perundang-undangan yang keluar dari norma hukum. Contohnya program Undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker),” kata dia.

Ia menilai isi UU Ciptaker tak berpihak ke tenaga kerja. Selain itu, pembuatan aturannya juga dilakukan dengan terburu-buru.

AHY tak heran jika Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan UU Ciptaker sebagai produk hukum yang inkonstitusional bersyarat.

Alih-alih melibatkan masyarakat untuk melakukan perbaikan Undang-undang itu, pemerintah justru merespons keputusan MK tersebut secara sepihak dengan mengeluarkan Perppu Ciptaker.

Tinggalkan Balasan