Info  

Kenali 3 Manfaat Obat Kumur

Jakarta, KabarBerita.id — Terlepas dari rutinitas menyikat gigi,sebagian orang sering mengatasi masalah bau mulut dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur dengan rasa mint biasa digunakan untuk tujuan menghilangkan bau mulut secara singkat.

Melansir dari LiveStrong, obat kumur berbahan aktif seperti antimikroba dan flouride,memiliki sejumlah manfaat antara lain

1. Mencegah munculnya gigi berlubang
Frank A. Scannapieco,dokter gigi yang juga Kepala Biologi Mulut di Buffalo School of Dental Medicine,menyatakan bahwa flouride yang terdapat di dalam obat kumur dapat menyatu ke permukaan email gigi yang mana membuat gigi bisa lebih tahan dari pembusukan.Selain itu flouride juga bisa mengurangi plak dan memperkuat gigi.

2. Menghilangkan bakteri
Ahli menyatakan bahwa obat kumur yang di dalamnya terkandung antiseptic seperti mentol dan alkohol bisa mencapai celah di antara gigi yang dapat menghancurkan bakteri yang sebabkan gigi berlubang, bau mulut dan masalah gusi.

Masalah gusi yang bisa timbul ialah peradangan yang disebabkan karena adanya plak. Dengan menggunakan obat kumur maka bisa bantu melawan munculnya gingivitis.

3. Meredakan gejala mulut kering
Xerostomia atau mulut kering bisa ditanggulangi dengan menggunakan obat kumur. Banyak orang-orang yang menggunakan obat kumur non alkohol agar nyaman digunakan.

Kita sebaiknya menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang gigi.

Menurut seorang ahli, Scannapieco menyatakan bahwa dengan flossing dan menyikat gigi terlebih dahulu dapat kurangi jumlah mikroba di dalam gigi sehingga kerja obat kumur menjadi lebih mudah.

Tinggalkan Balasan