Olahraga Pagi atau Sore. Mana Lebih Baik?

Jakarta, KabarBerita.id — Olahraga menjadi rutinitas yang disarankan untuk dilakukan demi menjaga kebugaran tubuh.

Kebanyakan orang memilih berolahraga di pagi hari sebelum memulai rutinitas harian. Meski demikian ada juga yang justru memilih berolahraga di sore hari ketika rutinitas harian selesai dilakukan.

Ternyata waktu olahraga yang anda pilih memiliki manfaat kesehatan yang berbeda. Sebuah studi yang dilakukan menunjukkan olahraga yang dilakukan pagi hari memang bisa menghilangkan lemak pada tubuh sementara olahraga di sore hari memiliki manfaat berbeda yakni untuk mengontrol gula darah.

Dilansir dari CNA, para peneliti melibatkan tikus untuk obyek penelitian. Tikus tersebut diatur agar melakukan olahraga rutin yakni jogging setiap pagi sementara tikus lainnya berolahraga di sore hari.

Seiring waktu terjadinya perubahan substansial pada hewan pengerat ini. Meskipun penelitian ini menggunakan hewan sebagai obyek akan tetapi temuannya kemungkinan memiliki relevansi bagi manusia yang bertanya tanya apakah lebih baik berolahraga pada pagi hari atau sore hari.

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada tahun 2019 melibatkan pria yang mengikuti program olahraga untuk menurunkan berat badan.

Dari hasil penelitian tersebut mereka yang berolahraga di pagi hari menurunkan berat badan lebih banyak daripada mereka yang berolahraga di sore hari.

meskipun belum dapat dipastikan secara detail pengaruh olahraga pagi atau sore hari pada manusia, profesor kedokteran dan endokrin nologi di university of Minnesota yang tidak terlibat dalam penelitian ini mengatakan rutinitas olahraga tetap penting dilakukan terlepas pagi atau sore hari.

Apalagi semakin banyak bukti menunjukkan bahwa olahraga berkontribusi untuk mencegah perubahan patologis dan mengobati berbagai penyakit kronis serta mengurangi rasio Mortalitas dan Morbiditas.

Bukti ilmiah juga menunjukkan bahwa olahraga memainkan peran kunci dalam meningkatkan komponen kebugaran fisik yang berhubungan dengan kesehatan dan fungsi hormon.

Tak peduli olahraga dilakukan pagi atau sore hari olahraga teratur merupakan hal yang penting dilakukan.

Tinggalkan Balasan