Peran RT, RW dan LMK di DKI Strategis Tanamkan Nilai Empat Pilar MPR

Anggota MPR RI Dr Kurniasih Mufidayati menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR, Minggu (27/3)

JAKARTA — Anggota MPR RI Dr Kurniasih Mufidayati menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bekerjasama dengan Yayasan Katalis Madani Filantropi (KMF) yang dihadiri 150 peserta dari pengurus Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) DKI, Pengurus RT dan RW di RM Raden Bahari, Jakarta Selatan, Minggu 27 Maret 2022.

Kurniasih menyampaikan peran penting struktur RT, RW dan LMK di DKI Jakarta dalam internalisasi nilai-nilai empat pilar yakni Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, NKRI dan Bhinekka Tunggal Ika.

“Justru mungkin yang paling strategis peran RT, RW hingga LMK di DKI Jakarta dalam menerapkan empat pilar. Sebab apa, karena bapak ibu sekalian langsung bersentuhan dengan masyarakat. Lewat edukasi tentang pentingnya nilai-nilai dalam empat pilar ke masyarakat, maka kehidupan bangsa kita akan semakin kuat,” ungkap Kurniasih.

Ia mencontohkan tentang kehidupan masyarakat DKI Jakarta yang beragam. Berbagai persoalan antarwarga pasti terjadi dan seluruh pengaduan warga masuk ke RT,RW dan LMK.

Sebab itu, pengurus RT, RW dan LMK bisa menggunakan kaidah empat pilar MPR RI sebagai dasar pengambilan kebijakan atau keputusan.

“Semangat Bhinekka Tunggal Ika semangatnya adalah titik temu. Jadi warga diedukasi daripada menonjolkan perbedaan lebih baik produktif memperbanyak titik temu. Sila keempat Pancasila misalnya, semangat musyawarah. Jadi apapun masalah di bawah penyelesaiannya di tingkat RT,RW maupun kelurahan utamakan dengan jalan musyawarah,” kata dia.

Maka Kurniasih berpesan, langkah pertama adalah hari ini dilakukan edukasi dan sosialisasi nilai-nilai empat pilar MPR RI kepada segenap pengurus RT, RW dan LMK.

“Harapannya teman-teman bisa menularkan spirit nilai kebangsaan ini di tengah masyarakat kita yang beragam dan majemuk. Mulai dari yang terkecil, jika nilai kebangsaan sudah tertanam kuat maka bangsa ini akan ikut kuat,” tegas Kurniasih.

Tinggalkan Balasan