Cara Melakukan Servis Pendek Bulutangkis

Jakarta, KabarBerita.id — Olahraga bulutangkis merupakan jenis olahraga yang membutuhkan tenaga dan teknik permainan yang baik. Dengan menguasai teknik permainan ini dan tahu kapan memakainya, Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk memenangkan pertandingan olahraga tersebut. Salah satu teknik yang perlu dikuasai adalah cara melakukan servis pendek bulutangkis.

Pengertian Servis Pendek Bulutangkis

Anda pasti pernah mendengar tentang pukulan servis dalam bulutangkis. Jenis pukulan ini biasa dilakukan untuk mengawali permainan atau setelah bola berpindah tangan. Sedangkan pengertian pukulan servis pendek bulutangkis adalah pukulan servis yang dilakukan agar shuttlecock terbang rendah di atas net.

Dengan demikian, jarak shuttlecock yang melintas dan net sangat tipis. Pukulan ini biasanya dilakukan pada permainan ganda. Meski demikian, servis pendek juga sering ditemui pada permainan tunggal. Jenis pukulan tersebut menawarkan beberapa keuntungan, yakni:

1.Jika servis pendek dilakukan dengan baik, maka lawan akan kesulitan mengembalikan bola.
2.Pukulan ini memungkinkan lawan untuk mengembalikan bola ke arah atas, sehingga Anda memiliki kesempatan untuk melakukan smash dalam bulutangkis

Cara Melakukan Servis Pendek Bulutangkis dengan Benar

Untuk dapat melakukan pukulan servis ini, Anda perlu mengetahui tekniknya. Dengan demikian, Anda dapat berhasil menerbangkan shuttlecock melewati net dengan rendah. Langkah-langkah di bawah ini perlu Anda lakukan saat melakukan servis pendek:
1.Berdiri dengan santai pada area servis dengan kaki kanan di depan jika Anda tidak kidal. Ambil posisi raket di samping tubuh dan shuttlecock di depan tubuh.
2.Jatuhkan kok sambil ayunkan raket dari bawah pinggang. Pukul raket dengan kuat, namun pendek. Pukulan ini harus mengarah ke atas net dan usahakan shuttlecock jatuh di area garis depan servis.
3.Ambil posisi siap dan letakkan tangan kanan di samping bahu kiri.

Kesalahan dalam Melakukan Servis Pendek Bulutangkis

Pukulan servis pendek ini perlu dilakukan dengan hitungan yang tepat. Karena, jika Anda salah dalam mengarahkan pukulan dan memukul shuttlecock dengan kekuatan yang tidak pas, kesempatan Anda meraih poin akan hilang.

Para pemula biasanya melakukan beberapa kesalahan ketika mencoba melakukan pukulan servis pendek ini, beberapa di antaranya adalah:

•Shuttlecock Tidak Melewati Net

Arah dan kekuatan pukulan yang tidak tepat akan membuat shuttlecock terbang terlalu rendah dan kurang cepat. Sehingga, shuttlecock tidak berhasil melewati net dan malah jatuh ke area lapangan milik anda sendiri. Akibatnya, lawan akan memperoleh poin.

•Shuttlecock Terbang Terlalu Tinggi Saat Melewati Net

Servis pendek dilakukan agar shuttlecock terbang cukup rendah dan lawan kesulitan mengembalikannya. Namun, para pemula biasanya mengarahkan raket dan memukulnya terlalu keras karena takut shuttlecock tidak melewati net. Sehingga, shuttlecock terbang terlalu tinggi dan memudahkan lawan dalam mengembalikannya.

Contoh Bentuk Latihan Servis Pendek Bulutangkis
Ketika melatih diri sendiri melakukan pukulan servis pendek, Anda dapat melakukan dua contoh bentuk latihan, seperti:

•Latihan Servis Pendek Forehand

Dalam latihan ini, Anda memukul shuttlecock dengan tangan mengarah ke depan. Sebelum memukul, posisi dada anda menyamping ke kanan (jika anda tidak kidal) dan bahu sedikit ditarik (backswing). Jatuhkan shuttlecock yang ada di depan tubuh sambil mengayun raket dan memukulnya.

•Latihan Servis Pendek Backhand

Ketika melakukan latihan ini, pegang raket dengan punggung tangan menghadap ke depan. Posisi tubuh menghadap depan dan shuttlecock dipegang di depan tubuh. Lalu, jatuhkan shuttlecock dan ayunkan raket. Pukul shuttlecock dengan keras, namun pendek.

Cara melakukan servis pendek bulutangkis harus dipraktekkan berulang-ulang hingga Anda dapat melakukannya dengan akurat. Dengan melakukan latihan rutin, Anda pasti mampu menekan lawan secara efektif melalui pukulan servis pendek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here