Info  

Bantu Janin Dapatkan Antibodi, Vaksin Covid-19 Ibu Hamil Sangat Penting

Jakarta, KabarBerita.id — Pemberian vaksin covid-19 dinilai penting bagi ibu hamil demi mendapatkan proteksi tambahan karena ibu hamil dianggap rentan terpapar covid 19 hingga bergejala berat.

Menurut penjelasan dari Dokter spesialis kandungan Rumah Sakit Premier Surabaya, Manggala Pasca Wardhana,vaksin covid-19 bermanfaat untuk ibu hamil agar memiliki proteksi diri demi menghadapi covid 19.

Manggala Pasca Wardhana selaku Dokter spesialis kandungan Rumah Sakit Premier Surabaya, menuturkan bahwa demi memiliki proteksi diri dalam menghadapi virus, maka vaksin covid-19 untuk ibu hamil sangat disarankan

Menurut Manggala manfaat vaksin tak hanya dirasakan oleh ibu hamil melainkan juga menjadi tambahan proteksi bagi janin yang ada di dalam kandungan.

Hal tersebut sejalan dengan pernyataan
Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), bahwa vaksin covid-19 bisa bantu janin memiliki antibodi covid 19 sehingga bisa bantu jaga ketahanan tubuh terhadap virus.

POGI menyarankan ibu hamil untuk melakukan vaksin di usia kehamilan 33 minggu agar efek perlindungan dan pembentukan antibodi terhadap virus bisa dirasakan oleh janin.

Selain itu pemberian vaksin yang dilakukan ketika kandungan paling cepat berusia 12 minggu dimaksudkan agar menghindari resiko proses organogenesis pada janin.

Tinggalkan Balasan