5 Cara Jaga Fisik dan Mental Tetap Sehat Selama Pandemi

Jakarta, KabarBerita.id — Pandemi covid 19 ini memaksa kita untuk melakukan berbagai jenis kegiatan dengan cara baru dan penuh keterbatasan. Oleh karenanya rutinitas tersebut terasa semakin berat untuk dijalani.

Beratnya kondisi dan situasi yang dijalani membuat kesehatan fisik maupun mental bisa terganggu. Untuk itu penting bagi kita untuk bisa menjaga dan merawat diri agar tetap sehat dan bahagia selama masa pandemi masih berlangsung dengan melakukan lima cara sebagai berikut.

1. Memberi batasan antara pekerjaan kantor dan kegiatan rumah

Penting bagi kita untuk menetapkan batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi saat bekerja dari rumah. Karena seringkali seseorang akan bekerja hingga larut malam,sehingga waktu kerja dan waktu pribadi melebur jadi satu.

Sebaiknya kita membuat ruangan khusus agar bisa melakukan pekerjaan kantor lebih produktif dan fokus sehingga masih banyak waktu tersisa untuk kegiatan rumah lainnya.

2. Membuat jadwal kegiatan

Kita sebaiknya memiliki jadwal kegiatan mulai dari jadwal kerja, kegiatan rumah, dan berkegiatan bersama anggota keluarga.Tak hanya itu waktu makan dan istirahat juga harus diperhatikan.

Istirahat di tengah rutinitas kerja menurut ahli kesehatan mental dapat mengurangi stres dan depresi dengan adanya refleksi dan kasih sayang terhadap diri.

3. Membatasi diri dari membaca berita dan media sosial

Terdapat studi yang menyatakan bahwa mengonsumsi berita buruk dapat berpengaruh pada kesehatan mental, kesejahteraan fisik, serta hubungan seseorang.

Kita sebaiknya mengubah aktivitas penggunaan media sosial dan konsumsi berita dengan melakukan aktivitas lain yang bantu diri berpikir positif seperti berolahraga, meditasi, atau membaca buku.

4. Waktu tidur yang cukup

Kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan berbagai macam permasalahan seperti perubahan suasana hati, kelelahan, dan penurunan fokus. Oleh karenanya tidur yang cukup penting bagi jaga kesehatan fisik maupun mental.

Agar mendapatkan waktu tidur yang cukup, kita sebaiknya menerapkan beberapa cara seperti mematikan lampu, menghindari bermain telepon seluler, dan melakukan meditasi.

5. Melakukan berbagai aktivitas yang disukai

Demi menjaga kesehatan fisik maupun mental, kita juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang sesuai dengan hobi yang kita miliki. Dengan aktivitas tersebut maka akan membantu kita untuk meluapkan emosi sehingga terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Tinggalkan Balasan