Ungkap Masalah Kesehatan dengan Melihat Kondisi Kuku

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Masalah kesehatan dalam tubuh kita dapat terungkap dengan melihat kondisi warna kulit, rambut, dan kuku. Dengan melihat kondisi kuku, kita dapat mengetahui bagaimana kondisi paru-paru, jantung, dan organ tubuh lainnya.

Selain itu kita juga dapat mendeteksi gangguan kesehatan pada tubuh dan segera mengambil tindakan pencegahan. Beberapa kondisi kuku tersebut antara lain:

1. Kuku pucat atau kuning

Ciri-ciri kuku yang sehat yaitu terlihat halus, tanpa lubang, dan berwarna sedikit kemerahan. Kuku yang tampak pucat atau berubah warna bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius.

Dilansir dari Times of India, kuku pucat menandakan adanya masalah dengan hati, ginjal, atau jantung. Kondisi kuku pucat juga menjadi tanda bahwa tubuh mengalami anemia, masalah kinerja jantung, masalah hati atau kekurangan gizi.

Sedangkan warna kuku kekuningan dikaitkan dengan penyakit bronkitis kronis, penyakit paru-paru, tiroid, diabetes atau psoriasis.

2. Kuku tidak berbentuk bulan sabit

Pada individu yang sehat, bagian bawah kuku berbentuk seperti bulan sabit. Jika bentuk bulan sabit tidak tampak, hal itu menandakan tubuh kita mengalami kekurangan gizi, depresi atau anemia.

3. Kuku bergelombang

Penyakit psoriasis atau radang sendi dapat dilihat dari permukaan kuku yang bergelombang atau berlubang. Penyakit anemia ditandai dengan garis kuku berbentuk vertikal yang disertai dengan perubahan warna kuku. Sedangkan garis kuku horizontal menunjukkan adanya penyakit ginjal.

4. Kuku rapuh

Kuku kering atau rapuh mudah sekali patah, hal itu dapat menunjukkan penyakit tiroid yang tidak diobati.

Sedangkan kuku pecah-pecah disebabkan oleh infeksi jamur.

Penyebabnya ialah bahan kimia, seperti cat kuku, aseton, deterjen yang menyebabkan kuku mudah patah.

5.Bintik Putih

Bintik putih yang muncul pada kuku bisa menjadi tanda kekurangan seng dan kalsium.

Kondisi ini tidak terlalu berbahaya, tetapi Anda perlu meningkatkan tingkat asupan nutrisi Anda untuk menghindari masalah kesehatan yang parah di masa depan.

Bintik-bintik yang tersebar juga dapat disebabkan karena reaksi alergi, infeksi jamur, dan cedera pada kuku Anda.

6. Garis gelap

Garis hitam yang muncul di bawah kuku Anda bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Kadang-kadang hanya karena beberapa trauma atau cedera yang disebabkan oleh terjepit pintu.

Alasan lainnya bisa jadi melanoma atau sejenis kanker. Jadi, jika garis-garis hitam muncul di kuku Anda untuk waktu yang lama dan tidak ingat pernah terluka, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan