Info  

Tips Jaga Imun Tubuh Menurut Ahli

Jakarta, KabatBerita.id — Ditengah masa pandemi yang masih berlangsung kita dituntut untuk terus mengupayakan jaga kekebalan tubuh demi terhindar dari terpapar virus. Terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan demi menjaga imun tubuh.

Menurut Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Prikasih,Gia Pratama beberapa hal yang bisa kita lakukan demi jaga imun yakni dengan menerapkan tidur sebelum pukul 11 malam dan bangun sebelum jam 5 pagi agar bisa memancing nitrit dalam tubuh yang fungsinya membuat pembuluh darah menjadi elastis.

Kemudian menerapkan olahraga secara rutin minimal 150 menit per minggu. Yakni dengan melakukan sesi olahraga selama 30 menit dalam per hari selama 5 hari.Dengan berolahraga seperti berlari, berenang atau berjalan kaki, maka akan meningkatkan denyut jantung.

Selain itu pemenuhan asupan nutrisi makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak juga harus diterapkan.Umumnya asupan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh ialah sebesar 45-65% dari total kalori harian, 1 gr protein per kg berat badan,serta lemak sehat sebanyak 20%.

Sementara asupan mikronutrien juga diperlukan yakni dari vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin D juga Zinc.

Menurut Gia kita bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut dengan mengandalkan dari asupan makanan sehari hari, yakni sayur, buah, dan ikan.

Tinggalkan Balasan