Saat Pandemi Covid-19, Mencuci Hidung Sangat Penting Dilakukan

Jakarta, KabarBerita.id — Wiriadi Putra, Dokter spesiali telinga hidung tenggorokan (THT) menegaskan bahwa hasil tes covid-19 tidak akan berubah dari positif ke negatif dengan mencuci hidung, namun aktivitas ini akan menjaga kebersihan hidung serta merupakan salah satu aktivitas pencegahan.

Wiriadi menjelaskan bahwa hidung merupakan pertahanan yang penting karena dari situlah masuk berbagai zat kedalam tubuh, termasuk patogen atau zat berbahaya.

Patogen bisa berupa bakteri, debu, alergan, polutan dan virus. Untuk itu maka di hidung yang baik akan terdapat saringan berupa rambut yang berfungsi menyaring udara dan dalam palut lendir terdapat zat lendir bernama mukus yang bersifat lengket untuk menangkat bakteri dan virus.

Seluruh fungsi tersebut akan aktif bekerja membentuk pertahanan jika kondisinya normal. Sebaliknya, jika dalam kondisi sakit, maka perannya tidak akan bisa berjalan baik sehingga patogen dapat masuk membawa bibit penyakit ke tubuh.

Berikut langkah untuk mencuci hidung yang baik dan benar :

1.Cuci tangan terlebih dahulu sampai bersih seperti petunjuk dari WHO

2. Siapkan bahan yang dibutuhkan
Larutan garam/normaseline/infus NaCL 0,9 persen, nasal spot/spite 10cc yang jarumnya sudah dibuang.

3. Tahan nafas dan buka mulut, kemudian salah satu spite dialirkan lubang hidung menghadap bawah maka air akan mengalir keluar dari lubang hidung tersebut.

Bagi orang yang lebih memilih untuk mencegah daripada mengobati maka aktivitas mencuci hidung secara rutin menjadi pilihan yang tepat.

Tinggalkan Balasan