Berita  

Pengusaha Malaysia Sumbang Alquran Sulaman Raksasa

Jakarta, KabarBerita.id — Pengusaha Malaysia, Tan Sri Lee Kim Yew, menyumbangkan mushaf Al-Qur’an sulaman raksasa kepada dunia Islam melalui Presiden RI Joko Widodo.

Utusan Khusus Presiden RI Untuk Dialog dan Kerja Sama Antar-Agama dan Peradaban, Prof M Din Syamsuddin, dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Minggu, menyebutkan Lee adalah seorang penganut Khonghucu taat yang bersimpati pada Islam dan memimpin lembaga sosial di Malaysia, Cheng Ho Multicuture Education Trust.

Disebutkan bahwa mushaf Al-Qur’an sulaman raksasa yang dibuat secara manual dengan tangan (hand-made) merupakan produk peradaban yang bernilai tinggi sebagai sumbangan dari masyarakat China untuk dunia Islam.

Mushaf itu dibuat oleh komunitas Muslim Haiyuan, Ningxia, Provinsi Otonomi Khusus Muslim di Tiongkok, yang memiliki tradisi kuat dalam menyulam.

Proses pengerjaaan sulaman mushaf sepanjang 17 meter ini membutuhkan ketelatenan, ketelitian dan keterampilan khusus sulam.

Seorang penyulam profesional, dalam sehari maksimal hanya bisa menyelesaikan tiga baris tulisan Al-Quran.

Pertemuan Din menyebutkan bahwa sumbangan mushaf itu bermula dari pertemuannya dengan Lee sekitar setahun lalu di Kuala Lumpur.

Lee menceritakan bahwa sejak 2015 dirinya meminta seorang ibu di Ninxiang, untuk menyulam mushaf Al-Qur’an besar.

Semula Lee berniat menyumbangkannya kepada umat Islam melalui Raja Saudi Arabia tetapi Din mengusulkan mengapa tidak melalui Presiden RI sebagai pemimpin negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia.

Lee pun setuju dan meminta Din Syamsuddin mengirim “proofreader” untuk memastikan kebenaran penulisan mushaf.

Din mengirim Dr. Ghilmanul Wasath, alumnus Universitas Al-Azhar, Mesir, untuk berangkat ke Ningxia. Dari “proofreading” tersebut diketahui hanya ada beberapa kesalahan minor yang segera diperbaiki.

Tinggalkan Balasan