Pemkab HSS Ingatkan Perubahan Penilaian KPK untuk MCP

Kandangan, KabarBerita.id — Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menyoroti perubahan dalam penilaian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Monitoring Center for Prevention (MCP) pada tahun 2024. Menurut Inspektur Daerah Kabupaten HSS, Kiky Rachmawati, ada beberapa area, indikator, dan sub indikator yang menjadi fokus penilaian KPK untuk menentukan nilai pada tahun 2024 berdasarkan pencapaian selama 2023.

 

Pada rapat koordinasi pencegahan korupsi daerah melalui MCP 2024, Kiky menjelaskan bahwa Kabupaten HSS perlu memperhatikan perubahan tersebut, terutama karena pada tahun sebelumnya mereka menempati peringkat keempat di Kalimantan Selatan. Penjabat Bupati HSS, Hermansyah, meminta agar semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berkolaborasi dengan Inspektorat Daerah untuk memenuhi indikator yang diperlukan guna meningkatkan penilaian.

 

Hal ini dilakukan dengan memastikan setiap OPD memberikan laporan berupa tabel matriks untuk memantau progres secara efektif. MCP merupakan aplikasi sistem yang dikembangkan oleh KPK untuk memantau lembaga pemerintah daerah terkait pengawasan dan pencegahan korupsi.

 

Pemerintah yang dinilai baik adalah yang dapat memenuhi nilai pencapaian melalui berbagai area dan indikator yang telah ditetapkan. Pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten HSS menempati peringkat keempat di Kalimantan Selatan dengan pemenuhan total indikator sebesar 90,15.

Tinggalkan Balasan