Berita  

PBB tak Izinkan Benny Wenda Masuk ke Sidang Umum Bersama Delegasi Vanuatu

Jakarta, KabarBerita.id — Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dilaporkan tak mengizinkan tokoh separatis Papua, Benny Wenda masuk untuk menghadiri sidang Majelis Umum ke-74 di New York yang diselenggarakan sejak satu pekan terakhir.

Menurut tokoh Papua Nick Meset, Benny yang merupakan Ketua Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat (ULMWP) itu dikabarkan tidak diizinkan masuk bersama delegasi Vanuatu ke sidang.

Meset menuturkan “tidak benar Benny Wenda ikut dalam ruang sidang bersama delegasi Vanuatu” karena PBB membuat aturan yang ketat dan hanya mengijinkan perwakilan negara yang masuk dalam ruang sidang di New York.

Sedangkan Benny, menurut Meset, bukan merupakan warga negara apalagi pejabat pemerintahan Vanuatu.

“Peraturan yang diterapkan PBB sangat ketat hanya warga negara yang bisa mewakili negaranya dan masuk dalam delegasi di Sidang Umum PBB,” kata Nick Meset kepada Antara pada Minggu (29/9).

Meset merupakan salah satu tokoh Papua yang ikut bersama delegasi RI dalam sidang tersebut. Ia merupakan Konsul Kehormatan Republik Nauru di Jakarta.

Meski begitu, Meset menuturkan dia tidak bisa mewakili Nauru di gelaran tersebut karena masih menjadi warga Indonesia. Kabar kehadiran Benny Wenda dalam sidang Majelis Umum PBB ramai dibicarakan setelah ia mengunggah fotonya bersama delegasi Kepulauan Solomon dan Vanuatu di akun Twitternya.

Tinggalkan Balasan