Obesitas Anak Salah Satu Penyebab Gagal Ginjal Kronis

Jakarta, KabarBerita.id — masalah gagal ginjal akut akibat obat sirup masih membuat banyak orang tua panik.
Akan tetapi pada kenyataannya dokter anak dari RSUP Fatmawati, Bonny Setiadi Dharmawan mengungkapkan bahwa selain obat sirup ada beberapa penyebab yang lain yang dapat menyebabkan gagal ginjal, salah satunya obesitas pada anak.

anak anak yang gemar minum minuman kemasan yang manis dapat membuat mereka akhirnya obesitas dan mengalami gagal ginjal kronis.

Gagal ginjal kronik disebut juga sebagai gagal ginjal kronis adalah kondisi ketika fungsi ginjal menurun secara bertahap. Yang artinya kerusakan ginjal ini terjadi karena penumpukan kerusakan jaringan ginjal menahun serta berulang.

Bonny mengungkapkan, setidaknya kerusakan jaringan ini terjadi selama tiga bulan atau lebih.
Ia mengatakan bahwa obesitas akan mempengaruhi anak anak dan beresiko untuk menyebabkan kegagalan kronis ketika mereka dewasa.

ginjal merupakan salah satu organ yang sulit atau bahkan tidak bisa kembali normal ketika sudah rusak. Apabila dibiarkan maka akan berpotensi menjadi akut.

kondisi gagal ginjal yang harus dipahami ini tentunya berbeda dengan gagal ginjal yang disebabkan oleh etilen glikol.

Namun kasus melonjak pada Agustus tahun ini. Apabila sebelumnya ada satu atau dua kasus saat ini melonjak hingga 25 kasus dalam sebulan. Meningkatnya jumlah pasien ini bukan tanpa sebab yaitu kerajinan Etilen glikol yang disebut sebagai biang kerok utamanya.

Bagaimana proses kerajinan Etilen glikol yang disebut ada pada obat sirup? Apakah semua anak yang mengkonsumsi obat sirup dapat terkena gagal ginjal akut?

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril mengatakan penyakit gagal ginjal yang menyerang anak-anak memang merupakan kasus keracunan. Mereka keracunan obat sirup yang mengandung kimia berbahaya etilen glikol.

“Kandungan etilen glikol itu seharusnya tidak ada di obat. Tapi ini jadi cemaran pelarut di dalam obat. Makanya jadi toksik ke ginjal anak,” kata Syahril.

Tinggalkan Balasan