Menko Polhukam: Ini Ciri-ciri “Lone Wolf”

  • Bagikan

Jakarta, 4/7  – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto memaparkan ciri-ciri teroris yang beraksi seorang diri atau “lone wolf”, agar masyarakat dapat menjadi lebih waspada terhadap gerak-gerik mereka.

“Perilaku para teroris ini khusus, tidak seperti rakyat biasa,” ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa.

Mantan Panglima TNI itu menerangkan para “lone wolf” ini biasanya lebih sering melakukan kegiatan mereka pada malam hari.
Image result for wiranto
“Gerakannya juga diam-diam, dilakukan secara tersembunyi dan mereka tidak suka terekspos,” tambah dia.

Menurut Menko Polhukam, teroris yang dikenal suka beraksi sendiri ini juga gemar merakit bom dan kerap melakukan pertemuan-pertemuan yang mencurigakan.

“Mereka itu berada di lingkungan masyarakat. Tentunya masyarakat itu sendiri yang paling duluan tahu kalau ada perilaku orang-orang yang diduga teroris,” jelas dia.

Kemunculan “lone wolf” yang semakin marak, menurut Wiranto, perlu ditanggulangi dengan menggalakkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di daerah tempat tinggal masing-masing.

“Siskamling yang diorganisasi masyarakat nanti punya ‘link’ dengan aparat keamanan apakah kepolisian atau TNI, untuk kemudian bersama mengawasi lingkungannya dari perilaku-perilaku masyarakat yang tidak wajar, yang boleh jadi merupakan orang-orang yang bergerak dalam rangka melaksanakan aksi teror,” tuturnya.

“Itu penting sekali karena wilayah kita sangat luas,” ujar Wiranto menambahkan. (ant)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan