Menkes Imbau Warga Liburan di Dalam Negeri Usai Omicron Ditemukan di Indonesia

Jakarta, KabarBerita.id — Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan menghimbau supaya masyarakat tidak bepergian ke luar negeri menjelang natal dan tahun baru. Imbauan ini diberikan usai adanya temuan kasus Covid-19 Omicron di Indonesia.

Ia juga menyampaikan warga untuk menjaga situasi pandemi Covid-19 lebih aman di Indonesia dengan cara tidak bepergian ke luar negeri, karena di Indonesia lebih aman daripada negara lain.

Sebelumnya diketahui Kemenkes telah mengumunkan satu kasus Covid-19 varian Omicron yang telah terdeteksi di RSDC Wisma Atlet Jakarta. Kasus itu diperkirakan terdeteksi pada seorang petugas pembersih setempat setelah ia positif COvid-19 melalui test PCR.

Hasil spesimen petugas yang berinisial N itu kemudian dibawa ke Balitbangkes pada tanggal 10 Desember untuk diperiksa dengan metode WGS (whole genome sequencing) yang kemudian diketahui terkena positif covid Omicron pada hari Rabu (15/12).

Saat ini pasien N masih menjalani isolasi mandiri di RSDC Wisma Atlet walaupun ia teah negatif Covid-19 dari hasil test kedua kalinya.

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, mencatat ada sekitar 37.214 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berangkat keluar negeri menjelang Natal dan Tahun Baru.

Untuk WNI yang tiba di Indonesia dari luar negeri tercatat sejumlah 40.557 orang.

Tinggalkan Balasan