Mengenali Tanda-tanda Demam Berdarah pada Orang Dewasa Selain Bintik Merah

Jakarta, KabarBerita.id — Saat datangnya musim hujan, demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang perlu mendapatkan perhatian ekstra. Namun, selain bintik merah, terdapat ciri-ciri lain yang juga perlu diperhatikan untuk mengidentifikasi demam berdarah pada orang dewasa.

 

Demam berdarah merupakan penyakit infeksi yang ditularkan melalui gigitan nyamuk, dan dengan musim hujan yang belum berakhir, lingkungan menjadi lebih rentan terhadap perkembangbiakan nyamuk.

 

Gejala demam berdarah biasanya muncul setelah 4-10 hari terinfeksi dan dapat berlangsung selama 2-7 hari. Penyakit ini memiliki beberapa tingkatan, di antaranya fase demam, fase kritis, dan fase pemulihan, yang perlu dipahami untuk penanganan yang lebih efektif.

 

Menurut Soroy Lardo, seorang Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Pengurus PB IDI, memahami gejala yang muncul pada setiap fase demam berdarah sangat penting karena akan memengaruhi tindakan yang harus dilakukan terhadap pasien.

 

Selain bintik merah, beberapa ciri-ciri demam berdarah pada orang dewasa yang perlu diperhatikan termasuk sakit perut, nyeri tekan, muntah berulang, pendarahan dari hidung atau gusi, kelelahan, pembengkakan kelenjar getah bening, hilangnya nafsu makan, demam, sakit kepala, lemas, nyeri di bagian belakang mata, otot, sendi, atau tulang, dan rasa mual.

 

Dengan memperhatikan ciri-ciri tersebut, kita dapat lebih waspada terhadap kemungkinan adanya demam berdarah pada orang dewasa.

Tinggalkan Balasan