Masalah Mulut dan Gigi Yang Muncul Akibat Stress

Jakarta, KabarBerita.id — Kecemasan dan stress dapat berdampak pada kesehatan setiap gangguan tidur otot tegang dan sakit kepala. Selain itu stress juga dapat mempengaruhi kesehatan mulut dan gigi.

Ada beberapa masalah mulut dan gigi yang muncul akibat stress. Masalah ini dapat berupa perilaku yang merusak kesehatan gigi yang memburuh.

Berikut ini merupakan masalah mulut dan gigi yang muncul akibat stress

  1. Menggertakkan gigi

Sebagian orang bereaksi terhadap stress dengan cara menggetarkan gigi. Hal ini sama halnya dengan jantung berdebar berkeringat ataupun sakit perut yang kerap muncul ketika stress.

Apabila aktivitas ini tidak dihentikan, maka gigi dapat menjadi retak sakit kepala sakit rahang dan juga sebagainya.

  1. Menggigit kuku

Stress juga bisa membuat seseorang menggigit kuku. Aktivitas ini dapat meningkatkan resiko kuman berpindah ke mulut. Maka dari itu infeksi mulut dan juga berbagai penyakit menular lainnya dapat terjadi.

  1. Mulut kering

Mulut kering terjadi dikarenakan tubuh tidak cukup memproduksi air liur. Hal ini bisa dipicu karena stress.

  1. Sariawan

Sariawan juga merupakan salah satu gejala akibat stres. Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara kesehatan mental dengan sariawan.

Itulah masalah mulut dan gigi yang dapat muncul karena stress. Apabila anda mengalami kondisi tersebut, maka segera periksa kembali tingkat stres atau kesehatan Anda. Kemudian konsultasikan dengan dokter, psikolog atau konselor guna mendapatkan perawatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan