Info  

Langkah Tepat Yang Dilakukan Setelah Keluar Rumah Demi Cegah Covid-19

Jakarta, KabarBerita.id — Menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindari, beberapa orang tetap harus melakukan aktivitas di luar rumah selama pandemi,oleh karena itu resiko tertular covid 19 pun bisa terjadi.

Dan nantinya rumah akan menjadi tempat penyebaran covid-19 sehingga menciptakan klaster keluarga. Demi pencegahan hal tersebut terdapat sejumlah langkah yang wajib kita lakukan sebelum memasuki rumah.

RA. Adaninggar selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam mengingatkan kita untuk tidak lupa terapkan protokol kesehatan dan melakukan langkah tambahan.

Langkah-langkah tersebut seperti, melepas sepatu di area luar rumah,mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh apapun, demi meminimalkan kontaminasi bersihkan barang-barang di luar, serta segerakan untuk mandi.

“Baru diizinkan bertemu keluarga kalau sudah melakukan langkah-langkah tersebut,” ujar Adaninggar.

Selain itu terdapat langkah penting yang bisa bantu cegah penyebaran covid 19 di dalam keluarga ialah jujur dengan diri sendiri apabila merasa sakit.

“Saat merasa tidak enak badan langsung jauhkan diri dari keluarga terlebih dahulu, jangan denial,” tambahnya.

Menurut Adaninggar,meskipun tak melulu merasakan badan sakit itu karena covid-19,akan tetapi langkah untuk mengambil jarak saat merasa tidak enak badan sembari melakukan tes di tengah pandemi merupakan pencegahan awal supaya tidak terjadi penularan.

Oleh karena itu Adaninggar menegaskan, terdapat dua kunci yakni menjaga prokes serta melakukan deteksi dini dengan menjauhkan diri dari keluarga sampai di ketahui hasil tesnya.

Tinggalkan Balasan