KM Sabuk Nusantara 54 Akan Beroperasi di Pelabuhan Tual

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan telah menyerahkan kapal perintis baru KM Sabuk Nusantara 54 yang akan beroperasi di Pelabuhan Tual, Maluku kepada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tual untuk dioperasikan.

Capt Mugen Sartoto selaku Direktur Lalu Lintas mengatakan pihaknya sudah melakukan launching sekaligus serah terima kapal perintis KM Sabuk Nusantara 54 di Pelabuhan Tual pada 12 Januari 2022 yang dihadiri oleh Walikota Tual yang diwakili oleh Asisten II Kota Tual Agung Renwarin serta stakeholder terkait lainnya.

Ia menyampaikan kapal perintis KM Sabuk Nusantara 54 dengan Pelabuhan Pangkal Tual ini, adalah milik dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Untuk pengoperasiannya diamanahkan kepada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tual.

Capt Mugen menyebut pengoperasian kapal ini akan mendukung keberlangsungan konektivitas dan mobilitas orang dan barang wilayah – wilayah terpencil di Tual dan sekitarnya, dengan rute pelayaran : Tual – Dobo Marlasi – Pomako – Marlasi – Dobo – Tual – Molu – Larat – Saumlaki – Marsela – Kroing – Marsela – Saumlaki – Larat – Molu – Tual.

Kapal ini akan beroperasi pada trayek R-83 dimana rute yang diusulkan Pemerintahan Provinsi Maluku bersama dengan Pemerintah Kota Tual dan UPP Kelas III Tual dalam memfasilitasi dan mendukung pergerakan masyarakat.

Pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat diharapkan akan meningkat karena terbantu dengan beroperasinya kapal perintis ini.

KM Sabuk Nusantara 54 merupakan kapal type 750 GT total penumpang adalah 500 orang dan terdapat satu ruang umum dan selesai dibangun di Galangan DBN Cirebon pada Desember 2021.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan