Berita  

Kim Jong Un Ingin Kamar Hotel Rp 83 Juta per Malam di Singapura

Donald Trump dan Kim Jong Un
Donald Trump dan Kim Jong Un

Singapura, KabarBerita.id — Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan meminta kamar hotel mewah untuk tempatnya menginap selama pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Singapura pada 12 Juni mendatang.

Dilaporkan beberapa sumber pejabat Amerika Serikat yang dilansir Washington Post, Minggu (3/6), pemerintah Korut memilih kamar presidential suite di Hotel Fullerton yang terletak di pinggir Sungai Singapura. Harga per malamnya lebih dari USD 6.000 atau lebih

Namun Korea Utara tidak memiliki uang yang cukup untuk membayar pengeluaran selama berada di Singapura. Perlu dicatat, yang datang tidak hanya Kim melainkan puluhan atau bahkan ratusan delegasi dari Korut.

Menurut Sung Yoon-lee, ahli Korea di Tufts University, Massachusetts, kebanyakan uang Korut dipergunakan untuk membangun nuklir dan rudal balistik antarbenua. “Tapi mereka mengklaim terlalu miskin untuk membayar ongkos perjalanan luar negeri,” kata Sung kepada

Dua sumber Washington Post mengatakan AS akan membayari ongkos perjalanan Kim. Namun menurut mereka, Korut memiliki gengsi yang tinggi sehingga akan menganggap itu penghinaan. Akhirnya, kata mereka, AS juga akan meminta Singapura membayar sebagian pengeluaran Korut.

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen pada Sabtu lalu mengatakan negaranya siap membayar sebagian ongkos Korut, demi suksesnya pertemuan tersebut. “Ini adalah harga yang rela kami bayar untuk mengambil peran kecil dalam pertemuan bersejarah ini,” kata Ng.

Tinggalkan Balasan