Kementerian Kominfo Berikan Penghargaan Smart Governance untuk Pemerintah Kota Sukabumi

Sukabumi, KabarBerita.id — Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan penghargaan Smart City kategori Smart Governance kepada Pemerintah Kota Sukabumi.

Penghargaan ini diserahkan langsung kepada Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami, dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, dalam acara Closing Ceremony Gerakan Menuju Smart City di BSD City Tangerang, pada hari Selasa, 14 Desember 2021.

Johnny G Plate menuturkan dalam sambutannya bahwa Pemerintah Daerah harus menyikapi arus digitalisasi yang semakin canggih. Hingga saat ini di Indonesia penetrasi internet telah mencapai 73,7% dengan lebih dari 200 juta pengguna.

Sementara itu pada tahun 2025 prediksinya mencapai 400 juta pengguna dan 678 pengguna pada 2025.

Salah satu upaya untuk memyikapi hal tersebut adalah dengan smart city. Ia menegaskan gerakan ini bersifat kolaboratif dari semua pihak, dibutuhkan tata kelola pemerintahan yang bersih transparan, akuntabel, yang akan membuat gerakan ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penghargaan yang diraih Pemkot Sukabumi ini adalah karena penerapan program Smart City dengan program quick win seperti aplikasi android Super, aplikasi administrasi kependudukan, dan website covid – 19.

Diketahui Pemerintah Kota Sukabumi telah memiliki master plan smart city yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Sejak tahun 2017.

Tinggalkan Balasan