Jalan Kaki 11 Menit per Hari buat Cegah Penyakit Ini

Jakarta, KabarBerita.id — Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine, hanya dengan jalan kaki selama 11 menit setiap hari sudah cukup untuk mengurangi risiko penyakit kronis.

 

Peneliti dari Cambridge University menemukan bahwa aktivitas fisik intensitas sedang selama 11 menit sehari dapat meningkatkan angka harapan hidup. Aktivitas fisik seperti jalan kaki, menari, naik sepeda, bermain tenis, dan hiking dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

 

Meskipun disarankan untuk melakukan aktivitas fisik intensitas sedang selama 150 menit per minggu, penelitian ini menunjukkan bahwa bahkan 75 menit per minggu dapat memberikan manfaat yang hampir serupa dalam menurunkan risiko kematian dini.

 

Ahli epidemiologi dari Cambridge University, Soren Brage, menekankan bahwa meskipun hanya bisa meluangkan waktu 11 menit setiap hari, manfaat bagi kesehatan jantung dan penurunan risiko kanker tetap signifikan.

 

Penyakit kardiovaskular dan kanker merupakan penyebab kematian terbanyak di dunia, dan aktivitas fisik telah terbukti efektif dalam menurunkan risiko kedua penyakit tersebut.

Tinggalkan Balasan