Berita  

Istana: Pertimbangan Pemindahan Ibukota Bukan Hanya Aspek Ekonomi

Jakarta, KabarBerita.id — Tanggapan luar biasa muncul dari berbagai pihak saat wacana pemindahan ibukota negara kembali digaungkan belum lama ini.

Wacana ini muncul langsung dari Presiden Joko Widodo yang telah mengintruksikan Kementerian PPN/Bappenas untuk melakukan kajian.

“Rencana untuk pemindahan ibukota mendapatkan tanggapan yang luar biasa dari publik. Kemudian saat itu Presiden memberikan penugasan kepada Bappenas untuk melakukan kajian,” ujar Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi, Ahmad Erani Yustika dalam diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (4/5).

Dengan serius Bappenas segera mengkaji terkait aspek-aspek pemindahan ibukota. Lagi-lagi bukan hanya soal ekonomi saja, tapi juga terkait sosial, politik, budaya dan lain-lain.

“Tentu saja sangat serius, mempertimbangkan sekian banyak aspek. Ketika itu nanti sudah jadi, itu memberikan gambaran yang utuh mengenai rencana pemindahan ini. Dari aspek sosial, politik, budaya ekonomi dan seterusnya. Saya kira setelah kurang lebih 1 tahun ini Bappenas sekarang sudah memiliki hasil kajian tadi itu yang memadai,” tandasnya.

Tentunya, lanjutdia, rencana pemindahan ini tidak terlepas dari pemerataan pembangunan di Indonesia. Pemerataan harus menjadi salah satu aspek penting.

“Terutama tentu saja untuk memastikan agar keseluruhan kaki-kaki Indonesia itu punya gerak yang sama. Ini sudah ada kemajuan-kemajua berarti,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan