Indonesia Akhiri Penantian 19 Tahun di Kualifikasi Piala Dunia

Jakarta, KabarBerita.id — Timnas Indonesia sukses mengalahkan Vietnam 1-0 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (21/3) malam. Ini merupakan kemenangan pertama di babak grup kualifikasi Piala Dunia setelah 19 tahun 8 bulan.

Timnas Indonesia menang berkat gol Egy Maulana Vikri pada menit ke-52 usai memanfaatkan kemelut di depan gawang lawan yang diawali lemparan ke dalam jarak jauh Pratama Arhan.

Kemenangan atas Vietnam membuat posisi Indonesia naik dari urutan ketiga ke peringkat kedua klasemen Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan mengemas empat poin.

Selain itu raihan itu juga membuat Indonesia mengakhiri penantian 19 tahun 8 bulan menang di fase grup Kualifikasi Piala Dunia.

“Indonesia 1-0 Vietnam. Kemenangan pertama di babak grup kualifikasi Piala Dunia setelah 19 tahun 8 bulan,” tulis akun Instagram Timnas Indonesia, Kamis (21/3).

Timnas Indonesia terakhir kali menang di fase grup putaran kedua pada Kualifikasi Piala Dunia 2006 tepatnya pada 17 November 2004.

Saat itu Timnas Indonesia sukses mengalahkan Turkmenistan dengan skor 3-1 pada laga terakhir Grup 8 putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2006.

Bertanding di hadapan 15 ribu penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Timnas Indonesia menang berkat hattrick yang dicetak Ilham Jaya Kesuma.

Sayangnya kala itu Indonesia gagal lolos ke babak selanjutnya karena finis di peringkat ketiga klasemen akhir Grup 8 dengan mencatatkan dua kemenangan, satu imbang, dan tiga kekalahan.

Setelah itu Timnas Indonesia gagal lolos ke fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2010.

Lalu pada Kualifikasi Piala Dunia 2014, Indonesia sebenarnya mampu lolos hingga fase grup kualifikasi. Namun Indonesia selalu menelan kekalahan dari enam pertandingan yang dilakoni di fase grup putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2024.

Kemudian Timnas Indonesia gagal tampil di fase grup putaran kedua Piala Dunia 2018 akibat didiskualifikasi karena sanksi FIFA.

Berikutnya pada fase grup putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia gagal meraih kemenangan dari tujuh laga yang dilakoni di Grup D. Hasil terbaik Indonesia saat itu hanya imbang 2-2 lawan Thailand pada 3 Juni 2021.

Tinggalkan Balasan