Hipakad Klaten Kecam Pernyataan Effendi Simbolon, Tuntut Tarik Ucapan dan Permintaan Maaf

Klaten, KabarBerita.id — Ketua Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) Kabupaten Klaten Abdul Basid Budiman menyuarakan aspirasi anggota agar Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon segera mencabut pernyataan dan meminta maaf kepada keluarga besar TNI atas ucapannya.

Effendi diketahui menyamakan TNI dengan segerombolan Ormas pada saat Rapat Dengar Pendapat Komisi I DPR RI dengan Panglima TNI dan jajaran belum lama ini.

Basid menyebut, ucapan Effendi sangat melukai keluarga besar TNI yang telah menjadi bagian integral dan tak terpisahkan dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Kami Hipakad Klaten mendesak Saudara Effendi Simbolon untuk mencabut pernyataannya dan meminta maaaf khususnya kepada TNI sebab ucapannya sangat tidak pantas dikeluarkan oleh seorang Anggota DPR RI dan melukai marwah TNI,” ucap Basid dalam keterangannya, Rabu (14/9/2022).

Basid menyebut hingga detik ini tidak ada klarifikasi dari yang bersangkutan ataupun ucapan permintaan maaf. Sementara situasi yang disebabkan ucapan Effensi telah memantik protes dan kemarahan dari keluarga besar TNI termasuk di daerah-daerah.

“Sebagai pejabat yang disebut wakil dari rakyat seharusnya Saudara Effendi lebih peka dengan situasi kebangsaan. Ucapannya justru membuat dan menyulut situasi yang tidak kondusif. TNI kuat bersama rakyat, jika hinaan terhadap TNI ini tidak diklarifikasi maka jangan salahkan jika rakyat turut marah,” ujar Basid.

Basid mengingatkan siapa saja agar tidak mengusik soliditas TNI yang tengah berjuang untuk mempertahankan kedaulatan.

“Jangan usik kesolidan TNI sebab tugas besar tengah diemban TNI untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan bangsa,” tegas Basid.

Tinggalkan Balasan