Hari Penyakit Langka Sedunia Kenali Sejarah dan Tujuannya

Jakarta, KabarBerita.id — Melaporkan bahwa setiap tahun, World Rare Disease Day atau Hari Penyakit Langka Sedunia diperingati pada pekan terakhir bulan Februari, sering kali jatuh pada tanggal 28 Februari. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global tentang penyakit langka yang dapat mempengaruhi siapa pun di seluruh dunia.

 

Penyakit langka, yang memiliki prevalensi kurang dari 2.000 pasien di populasi, sering kali merupakan kondisi yang mengancam jiwa atau mengganggu kualitas hidup. Sebagian besar penyakit langka disebabkan oleh kelainan genetika, termasuk contohnya cystic fibrosis, distrofi otot, spina bifida, dan penyakit darah.

 

Meskipun mungkin tidak menarik perhatian secara luas karena jumlah penderitanya yang sedikit, penyakit langka tetap memerlukan perhatian serius karena dapat berakibat fatal.

 

Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit langka dan dampaknya pada kehidupan sehari-hari pasien. Februari dipilih sebagai bulan peringatan karena keunikannya sebagai satu-satunya bulan dalam setahun yang memiliki jumlah hari yang paling sedikit.

 

Peringatan Hari Penyakit Langka dimulai pada tahun 2008 oleh EURORDIS dan Dewan Aliansi Nasional. Biasanya, peringatan dilakukan pada tanggal 28 Februari, tetapi pada tahun kabisat seperti tahun 2024, perayaan akan dilakukan pada 29 Februari. Dari 18 negara di Eropa yang ikut serta pada tahun pertama, peringatan ini telah berkembang menjadi acara tahunan yang diikuti oleh banyak negara di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan