Delegasi Rusia dan Ukraina Adu Jotos saat Rapat di Turki

Jakarta, KabarBerita.id — Perkelahian pecah antara delegasi Ukraina dan Rusia pada pertemuan puncak di Turki pada Kamis (5/5).

Kejadian ini berlangsung saat pertemuan Majelis Parlemen Kerjasama Ekonomi Laut Hitam (PABSEC) di Ankara. Pertemuan PABSEC digelar untuk mempromosikan kerja sama ekonomi, politik, dan budaya di antara 13 negara anggotanya di kawasan Laut Hitam, termasuk Rusia dan Ukraina.

Kantor berita Turki, Anadolu mengunggah video yang memperlihatkan kedua delegasi saling mendorong setelah perwakilan Ukraina mengibarkan bendera nasional mereka di depan delegasi Rusia. Para delegasi Ukraina juga meneriakkan slogan-slogan anti-Rusia dalam rapat itu.

Merasa tak terima, delegasi Rusia ikut memprovokasi perwakilan Ukraina dalam momen tersebut.

Video lain yang diunggah ke media sosial menunjukkan anggota parlemen Ukraina Oleksandr Marikovskyi meninju perwakilan Rusia dalam pertengkaran terpisah setelah pria itu merobek bendera Ukraina di sela-sela konferensi.

Marikovskyi mengunggah ulang video itu ke akun Facebooknya dengan caption: “Cakar bendera kami, cakar Ukraina, Rusia brengsek!”

Ketua majelis nasional Turki, Mustafa Şentop, mengutuk insiden tersebut. Ia menyebut tindakan itu “disayangkan” dan “tidak dapat diterima”.

Tinggalkan Balasan