Cara Supaya ‘Cheating Day’ Tak Rusak Diet

Jakarta, KabarBerita.id — Hanya dalam diet, ‘cheating’ diperbolehkan. Perhatikan caranya agar ‘cheating’ tidak merusak diet Anda.

Orang kerap menggunakan istilah cheating day untuk menyebut hari libur selama diet. Hal ini juga berkaitan dengan pilihan makanan atau cheat food.

 

Cheat food sebenarnya makanan yang tidak masuk dalam rencana diet atau biasanya tinggi kalori. Namun, bukan berarti ini buruk.

 

Memasukkan cheat food jelas perlu direncanakan sehingga memberikan sesuatu untuk dinantikan, apalagi bagi yang sedang diet ketat.

 

“Orang-orang yang memanjakan diri sendiri berarti memberi izin pada dirinya sendiri untuk memakan sesuatu yang mereka sukai. Ini tidak ‘di luar rencana’ atau ‘buruk’,” kata ahli diet Martha McKittrick.

 

Berikut cara agar cheating tetap menyenangkan tanpa merusak diet.

 

1. Hilangkan rasa bersalah

Anda tidak akan bisa menikmati ‘hari libur’ jika diwarnai rasa bersalah. Selain itu, rasa bersalah juga bakal bikin Anda punya hubungan yang buruk dengan makanan.

 

Pikirkan bahwa cheat food tidak akan menggagalkan diet. Diet hanya akan gagal jika Anda merespons cheat food tanpa terkendali.

 

2. Pertimbangkan waktu

Ada yang sudah memasukkan makanan favorit setiap pekan, tapi ada pula yang memasukkannya saat target tercapai. Tidak ada yang salah dengan kedua rencana ini. Jangan sampai waktu penantian ini memicu stres dan membuat Anda makan tidak terkontrol.

 

3. Tidak seharian

Ilustrasi. Tidak seharian bebas makan apa saja, salah satu cara agar cheating day tidak merusak diet. (iStock/AsiaVision)

Sebagian orang menganggap cheating day berarti hari kebebasan untuk mengonsumsi makanan favorit.

 

Namun, cheating day bukan berarti Anda boleh melahap makanan berlebihan atau tanpa henti dalam seharian. Cukup satu kali saja mengonsumsi makanan favorit untuk memberikan semangat di hari-hari diet berikutnya.

 

4. Pilih yang benar-benar disukai

Apa makanan favorit Anda? Selama cheating day, saatnya jujur dengan apa yang Anda inginkan. Anda mungkin benar-benar menginginkan burger dan itu tidak masalah.

 

5. Ubah makanan favorit jadi versi yang lebih sehat

Sebenarnya makanan favorit bisa dimasukkan dalam diet harian. Anda cukup mengubahnya ke versi yang lebih sehat.

 

Piza, misalnya, bisa lebih sehat jika menggunakan tepung dari biji gandum utuh, banyak topping sayuran, dan sedikit keju.

 

“Dan es krim bisa menjadi pilihan yang lebih baik jika Anda membeli sorbet atau makan makanan sehat dan kemudian menikmati es krim asli sebagai hidangan penutup,” kata ahli diet Mascha Davis.

Tinggalkan Balasan