Bupati Malinau Sambut Satgas Pamtas RI-Malaysia

  • Bagikan

Malinau, KabarBerita.id — Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H. bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Penyambutan Satgas Pamtas untuk RI-Malaysia Yon Armed 5/Pancagiri di Kabupaten Malinau. Upacara ini dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Malinau, pada Rabu (03/08).

Dalam sambutannya Bupati Malinau Wempi W Mawa, S.E., M.H. menjelaskan bahwa Kabupaten Malinau memiliki 15 kecamatan yang tersebar di ±42.620 km² luas Kabupaten Malinau. Dimana beberapa kecamatan yakni Kecamatan Kayan Hulu dan Kayan Hilir berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Hal ini yang kemudian menjadi perhatian pemerintah terkait keamanan wilayah negara Indonesia tanpa terkecuali yang berada di wilayah perbatasan.

“Wilayah perbatasan sendiri berpotensi mengalami berbagai gangguan dan ancaman diantarannya penyelundupan narkoba, miras, senjata api, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, ancaman akan pencurian hasil hutan seperti kayu dan sumber daya alam lain, penyelundupan tenaga kerja secara ilegal juga menjadi kekhawatiran bagi pemerintah dan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Dengan keberadaan Satgas Pamtas RI-Malaysia untuk menjaga wilayah perbatasan sangat diharap bahkan dinantikan oleh pemerintah daerah serta seluruh masyarakat perbatasan.

“Keberadaan Satgas Pamtas juga merupakan komitmen pemerintah pusat dalam upaya memastikan keamanan bagi seluruh masyarakat Indonesia hingga di ujung negeri. Sehingga hal-hal yang dapat merugikan masyarakat serta NKRI dapat dicegah dan dihindari,” ucapnya.

Karena itu atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI dimanapun ditugaskan, yang senantiasa menjunjung tinggi tanggung jawab sebagai pasukan pengamanan bagi NKRI.

“Saya berpesan kepada seluruh satuan tugas agar nantinya ketika berada di wilayah perbatasan senantiasa menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat, bina pula sinergitas dengan pemerintah kecamatan dan desa sehingga keberadaan satgas pamtas selain menjaga keamanan, juga turut mendukung jalannya program pemerintah daerah yang ada diwilayah perbatasan,” ucapnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan