Bisa Ganggu Asupan Gizi, Ini Bahaya Gigi Tidak Rata

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Senyum sempurna dengan susunan gigi yang rapi belum menjadi prioritas untuk sebagian besar orang Indonesia.

Beberapa kasus maloklusi ringan atau susunan gigi dan rahang yang tidak normal sering diabaikan karena dianggap tidak terlihat secara kasat mata. Padahal ada banyak bahaya di balik gigi yang tidak rata.

Sebanyak empat dari lima orang Indonesia mengalami masalah gigi tidak rata atau maloklusi. Kondisi ini sering diabaikan karena kurangnya Pemahaman masyarakat terhadap dampak buruk maloklusi.

Ada beberapa resiko kesehatan yang muncul karena gigi tidak rata. diantaranya dijelaskan oleh dokter spesialis Ortodonti sekaligus Co-founder Klar Smile, Stephanie Adelia Susanto.

1. Gigi berlubang

Adelia mengatakan, bahwa gigi tidak rapi bisa meningkatkan risiko gigi berlubang secara signifikan. Karena gigi yang tidak rapi membuat plak lebih mudah menempel dan sulit dibersihkan.

2. Gigi jadi mudah patah

Bahaya gigi tidak rata lainnya adalah beban pengunyahan yang menjadi tidak seimbang yang mengakibatkan lebih mudah pecah dan meningkatkan resiko ompong.

3. Mengganggu asupan gizi

Bagi kesehatan secara keseluruhan gigi yang tidak rapi membuat proses pengunyahan terganggu yang kemudian akan berdampak negatif pada asupan gizi.

proses pengunyahan yang tidak optimal berdampak pada saluran pencernaan terutama lambung dan usus yang bekerja terlalu berat.

4. Bikin tidak pede

Selain berpengaruh untuk kesehatan orang dengan gigi tidak rapi sering merasa kurang percaya diri terhadap penampilan mereka karena sering sosialisasi menjadi terbatasi.

Demikian beberapa bahaya gigi tidak rata yang perlu diketahui.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *