Beberapa Cara Sederhana Demi Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Anak

  • Bagikan
Beberapa Cara Sederhana Demi Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Anak

Jakarta, KabarBerita — Demi menjaga anak-anak dari bahaya paparan virus covid-19, saat ini vaksinasi bagi anak usia 12 hingga 17 tahun tengah gencar dilakukan.

Akan tetapi banyak timbul kecemasan di kalangan orang tua,yang mana terdapat kondisi tertentu yang membuat tidak semua anak berkesempatan untuk mendapatkan vaksin.Terlebih lagi belum ada vaksin untuk anak usia dibawah 12 tahun.

Demi menanggapi kekhawatiran para orang tua,Praktisi Kesehatan sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Reisa Broto Asmoro bersama dokter spesialis anak RS Pondok Indah, Ellen Wijaya memberikan pengarahan terkait beberapa cara sederhana demi jaga daya tahan tubuh anak, yakni sebagai berikut.

1.Menjaga Prokes secara ketat

Perlindungan utama bagi anak saat ini ialah patuh dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.Belakangan ini diketahui terdapat peningkatan kasus covid-19 yang rata-rata berasal dari klaster keluarga.

Oleh karenanya Ellen menyeramkan bagi orang tua yang masih bekerja di luar rumah, untuk berhati-hati jangan sampai membawa pulang virus.Reisa juga menekankan anak-anak untuk tidak diperbolehkan sering keluar rumah.

2. Memberi asupan gizi seimbang
Orang tua wajib memenuhi kebutuhan nutrisi dengan gizi seimbang.Menurut Reisa apabila kebutuhan nutrisi terpenuhi dengan baik maka tak perlu lagi mengonsumsi suplemen makanan.

Sebaliknya apabila nutrisi dalam tubuh anak masih kurang maka disarankan untuk menambahkan suplemen makanan.

3. Mengajarkan rutin berolahraga

Saat ini orang tua dimudahkan untuk mengajarkan aktivitas olahraga bersama anak lewat instruktur di YouTube. Ellen menyarankan setidaknya alokasikan 60 menit bersama anak untuk melakukan aktivitas yang bisa tingkatkan imun dengan berolahraga.

Sementara itu menurut Reisa aktivitas fisik bisa dilakukan dengan melakukan tugas rumah. Melibatkan anak untuk membantu segala pekerjaan rumah bisa bantu anak untuk terus bergerak dan menanamkan rasa percaya diri.

4. Pola tidur yang cukup

Kekebalan tubuh bisa dipengaruhi dengan pola tidur yang baik.Sebagai orang tua,wajib untuk mengatur jadwal tidur anak dan menciptakan suasana tidur yang nyaman agar anak tidak sering terbangun.

5. Tidak lupa mengajak berjemur

Berjemur memiliki manfaat dalam pembentukan vitamin D yang bisa menjaga gigi dan tulang agar tetap kuat serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Ellen menyarankan untuk kita mengajak anak berjemur cukup 15-20 menit pada jam 8 hingga 10 pagi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan