Bahayanya Terlalu Lama Duduk

  • Bagikan
bahaya terlalu lama duduk

Jakarta, KabarBerita.id — Banyak studi yang telah dilakukan mengenai bahaya yang terjadi jika kita duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama dapat membahayakan kesehatan kita. Mulai dari resiko terkena penyakit jantung, kondisi kesehatan kronis, serta dapat memicu kematian dini.

Para peneliti dari Harvard dalam risetnya menemui hasil, bahwa mereka yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik akan cenderung berusia lebih. Kurangnya aktivitas fisik ini seperti seringnya duduk terlalu lama. Masa pandemi saat ini semakin memperparah keadaan tersebut lantaran kegiatan di luar rumah yang terbatas.

Menurut laman Jurnal Yoga, Jacob Mayer,Asisten Profesor Kinesiologi Universitas Negeri Lowa, mempelajari dampak dari kurangnya aktivitas bergerak dan melihat efek buruk pandemi bagi aktivitas fisik seseorang. Ia menemukan, kurangnya aktivitas gerak dapat menimbulkan kerugian bagi kesehatan fisik maupun mental.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Daniel Liberman,Profesor Biologi Evolusioner Harvard, melihat perbedaan aktivitas duduk terlalu lama antara manusia era modern dengan manusia di masa lampau.

Dalam pengamatannya secara langsung pada penduduk terpencil di Kenya, yang mana di tempat tersebut masih hidup nenek moyang, dalam kesehariannya mereka melakukan pekerjaan fisik untuk bertahan hidup. Kebiasaan duduk di sana dipandang sangat berbeda dari era modern saat ini.

Setiap harinya mereka berjalan sekitar 8 km, lalu baru kemudian duduk sebagai jeda dari aktivitas fisik tersebut yang rata-rata dilakukan sekitar 10 jam setiap harinya, dengan hanya menggunakan otot sebagai penopang tubuh saat posisi duduk. Namun selagi mereka duduk mereka akan sering bangun dan bergerak.

Oleh karena itu dari studi yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa mereka duduk cukup lama, tetapi mengintegrasikan lebih banyak pada gerakan di dalam rutinitas harian. Sehingga dapat diambil kesimpulan,semakin banyak seseorang itu duduk maka semakin banyak pula waktu yang sebaiknya dialokasikan untuk bangkit dan bergerak.

Bagi kita yang kesehariannya menghabiskan waktu untuk duduk lebih lama, dianjurkan sesekali untuk melakukan aktivitas gerak. Seperti dengan berjalan singkat,sesekali berdiri, atau melakukan stretching ringan.

Lebih baiknya lagi, bagi kita yang duduk selama 8 hingga 10 jam perhari membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 40 menit untuk melakukan olahraga sedang hingga berat setiap harinya. Mulai dari melakukan latihan aerobik,ketahanan, yoga, atau berolahraga di luar ruangan sehingga mendapat suasana lain yang menyegarkan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan