Bahaya Black Mold, Jamur Hitam yang Suka Hidup di Tembok

Jakarta, KabarBerita.id — Udara yang lembap dapat menyebabkan berbagai masalah pada tembok, terutama jika tembok tersebut ditumbuhi oleh black mold, yang merupakan jamur berwarna kehitaman. Black mold tidak boleh diabaikan karena dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Jamur ini biasanya hidup di tempat-tempat lembab seperti kamar mandi atau ruang yang minim ventilasi.

 

Black mold hidup pada barang-barang yang mengandung selulosa seperti kertas, kayu, dan drywall, dengan faktor-faktor penyebab termasuk kelembapan permukaan, sumber makanan yang cukup, oksigen, dan suhu tertentu. Bahaya black mold terutama bagi orang-orang yang sensitif atau alergi terhadap spora jamur tersebut. Gejalanya dapat berupa mata merah, bersin, ruam kulit, hingga masalah pernapasan seperti sesak napas.

 

Paparan jamur ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan infeksi pada saluran napas dan memperparah gejala asma. Meskipun jarang menyebabkan kematian, black mold dapat menyebabkan komplikasi serius bagi kesehatan. Penting untuk mengambil tindakan pencegahan dan memantau pertumbuhan jamur di rumah untuk mencegah dampak negatifnya pada kesehatan.

Tinggalkan Balasan