Asnawi dan Jordi Amat Absen, Siapakah Kapten Pilihan Timnas Indonesia?

Jakarta, KabarBerita.id — Asnawi Mangkualam dan Jordi Amat dipastikan tidak akan bermain untuk Timnas Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis (21/3). Siapakah yang akan menjadi kapten Timnas Indonesia jika Asnawi dan Jordi absen?

 

Asnawi Mangkualam absen karena telah mengumpulkan kartu kuning. Pemain Thailand Port FC tersebut mendapat satu kartu kuning dalam dua pertandingan kualifikasi sebelumnya melawan Irak dan Filipina.

 

Sementara itu, Jordi Amat terpaksa tidak dapat memperkuat skuad Garuda karena cedera. Oleh karena itu, opsi kapten harus dialihkan ke pemain lain.

 

Salah satu pemain yang paling berpotensi untuk menjadi kapten Timnas Indonesia adalah Rizky Ridho. Meskipun baru berusia 22 tahun, Ridho sudah memiliki pengalaman memimpin skuad sebelumnya.

 

Ridho pernah menjadi kapten Timnas Indonesia U-23 dalam berbagai kompetisi seperti SEA Games 2023 dan Kualifikasi Piala Asia U-23. Ia juga diproyeksikan akan kembali memimpin di Piala Asia U-23 2024 mendatang.

 

Selain itu, Ridho juga merupakan salah satu bek tengah utama pada era Shin Tae Yong. Biasanya, ia berduet dengan Elkan Baggott dan Jordi Amat. Penampilannya menjanjikan dalam Piala Asia 2023.

 

Berdasarkan catatan prestasi tersebut, maka wajar bagi STY untuk menunjuk Rizky Ridho sebagai kapten. Ketenangan dan sifat kepemimpinan alaminya dapat mendukung Ridho, yang merupakan pemain Persija Jakarta, dalam memimpin rekan-rekannya di lapangan.

 

Opsi kedua sebagai kapten adalah Marc Klok. Gelandang berusia 30 tahun ini memiliki pengalaman sebagai kapten Timnas Indonesia dalam beberapa pertandingan sebelumnya.

 

Jika dipilih oleh STY untuk bermain, kemungkinan besar Klok akan ditunjuk sebagai kapten di lapangan. Pengalamannya sebagai kapten di Persib dan Timnas Indonesia menjadi alasan kuat pilihan STY jatuh pada Klok.

Tinggalkan Balasan