Ahli : Penggunaan Bawang Putih Untuk Hidung Tersumbat Berbahaya

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Belakangan ini terdapat beberapa video yang viral lewat dunia maya terkait cara kurangi hidung tersumbat dengan menggunakan bawang putih.

Terdapat beberapa orang yang mengklaim cara tersebut ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat dengan memasukkan bawang putih yang sudah dikupas secara utuh ke dalam hidung selama 10 hingga 15 menit.

Akan tetapi banyak ahli yang menyatakan bahwa metode tersebut sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan.

Menurut Chusnu Romadhoni,Dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, menyatakan bahwa tidak ada pengobatan hidung tersumbat dengan metode tersebut.Menurutnya justru akan membuat rongga hidung menjadi iritasi.

Menurut Neil Bhattacharyya,dokter spesialis THT dan ahli bedah di Mass Eye and Ear, bahwa minyak dan bahan kimia yang terkandung di dalam bawang putih bisa menyebabkan dermatitis kontak di hidung.

Dermatitis kontak menurut American Academy Of Dermatology merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya ruam, gatal,dan lecet.

Oleh karena itu Chusnu lantas menyampaikan bahwa pengobatan hidung tersumbat dan untuk membuatnya lega bisa dilakukan dengan pemberian obat yang memiliki kandungan menthol.

Selain itu menurut Chunsu kita juga bisa menjalani pola hidup sehat dengan istirahat cukup, makan, dan olahraga teratur demi mencegah munculnya hidung tersumbat.

“Atau bisa juga dengan mencari udara segar, menghindari debu, serta rutin mencuci hidung dengan air bersih atau menggunakan povidone iodine,” jelas Chunsu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan