24 Jam Berkobar, Api Pertamina Balongan Belum Padam

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Terjadinya kebakaran di kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat sejak hari Senin (29/3) dini hari belum juga padam hingga saat ini. Kebakaran diprediksi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu akan padam dalam tiga hari kedepan. Menurut Caya selaku Plt Sekertaris BPBD Kabupaten Indramayu, butuh waktu tiga hari hanya untuk memadamkan api. Sulitnya pemadaman dikarenakan salah satu tangki yang meledak terisi penuh dengan minyak, Senin (29/3)

Caya menjelaskan bahwa ada tiga tangki yang terbakar. satu tangki terisi penuh dengan minyak sedangkan dua tanki lainnya kosong.

Caya juga menyebutkan untuk memadamkan api dibutuhkan alat yang berbeda dari alat pemadam yang digunakan pada umumnya. alat pemadam yang digunakan tidak hanya menggunakan air tetapi juga harus menggunakan bahan kimia.

Meski saat ini api kilang minyak belum juga padam, Cecep Supriyatna selaku Commrel & CSR Pertamina RU VI Balongan Indramayu mengatakan bahwa api sudah mulai mengecil.

Ia mengatakan bahwa pihaknya selalu melakukan pemantauan kebakaran untuk memastikanapi tidak menjalar ke tangki lainnya.

BPBD Jawa Barat Hingga hari Senin (29/3) mencatat ada 26 orang mengalami luka ringan, 6 orang luka berat dan ratusan warga yang tinggal di sekitar lokasi mengungsi di posko pengungsian.

Pertamina sendiri memasstikan bahwa stok BBM nasional aman.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan