WHO Rekomendasikan Booster Vaksin Bagi yang Memenuhi Syarat  

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Kelompok pakar vaksin di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang terdiri dari beberapa ahli merekomendasikan booster vaksin atau dosis vaksin tambahan yang diperuntukkan untuk kelompok tertentu yang memenuhi syarat.

Para ahli yang tergabung dalam Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE) melakukan pertemuan selama 4 hari untuk membahas perihal imunisasi yang kemudian menghasilkan rekomendasi tersebut yang direncanakan akan dirilis pada bulan Desember mendatang.

Dosis vaksin tambahan dari WHO diperuntukan bagi yang memenuhi syarat sebagai berikut.

1. Memiliki Gangguan kekebalan tubuh

Berdasarkan rekomendasi pakar WHO Booster vaksin diberikan pada mereka yang memiliki gangguan kekebalan tubuh dari sedang hingga berat. Yang mana jenis vaksin yang diberikan yakni semua vaksin yang telah disetujui WHO seperti Pfizer-BioNTech, Janssen, Moderna, Sinopharm, Sinovac dan AstraZeneca.

Mengutip dari UN News pakar WHO menyatakan bahwa orang-orang yang memiliki gangguan kekebalan tubuh cenderung tidak merespon secara memadai perihal vaksinasi Oleh karena itu sangat resiko tinggi terpapar virus covid-19 yang parah.

2. Lansia berusia di atas 60 tahun

Bagi lansia berusia 60 tahun keatas WHO merekomendasikan untuk menerima jenis vaksin Sinopharm dan Sinovac. Sementara untuk jenis vaksin yang lainnya mungkin akan dipertimbangkan sesuai dengan pasokan yang tersedia.

Sementara ini pihak SAGE tidak memberikan rekomendasi Booster kepada populasi umum. Nantinya pada November mendatang pihaknya baru akan meninjau masalah dosis booster secara umum.

Untuk saat ini SAGE menyarankan bagi tiap negara untuk memenuhi kebutuhan 2 dosis vaksin lengkap bagi warganya sebelum memberikan booster.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan