Diam-diam, 7 Kebiasaan Ini Membuat Rambut Rontok Lebih Banyak

Jakarta, KabarBerita.id — Rambut rontok bukan hanya disebabkan oleh kesalahan dalam memilih sampo. Ternyata, ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat rambut menjadi rontok lebih banyak.

 

Ketika jumlah rambut yang rontok mencapai angka yang signifikan, yakni melebihi 50-100 helai per hari, sebaiknya Anda mulai memperhatikan hal ini dengan serius.

 

Beberapa penyebab kerontokan rambut termasuk faktor genetik, ketidakseimbangan hormon, masalah metabolik, kondisi kesehatan tertentu, atau kebiasaan yang kurang baik untuk kesehatan rambut.

 

1. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Mengikat rambut secara terlalu kencang dengan gaya yang sama secara berulang-ulang dapat memicu kerontokan. Menurut Chytra V. Anand, seorang konsultan dermatologi kosmetik, tekanan yang diberikan oleh gaya pengikatan rambut yang kencang dapat merusak folikel rambut.

 

2. Tidak Menggunakan Pelindung Panas

Menggunakan alat-alat pemanas seperti catokan atau hair dryer adalah hal yang umum dilakukan untuk menata rambut. Namun, tidak menggunakan produk pelindung panas sebelumnya dapat merusak lapisan luar rambut dan mengakibatkan kehilangan kelembaban serta kerapuhan.

 

3. Menggosok Rambut Saat Keramas

Cara keramas yang salah, seperti menggosokkan sampo langsung pada batang rambut, dapat merusaknya. Disarankan oleh American Academy of Dermatology (AAD) untuk memijat sampo pada kulit kepala dan membiarkannya mengalir secara alami ke ujung rambut saat membilas.

 

4. Menggosok Rambut dengan Handuk

Menggosok rambut dengan handuk setelah keramas dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Sebaiknya, bungkus rambut dengan handuk untuk menyerap kelembaban, atau biarkan rambut kering secara alami dengan udara.

 

5. Menyisir Rambut Saat Basah

Rambut dalam keadaan basah rentan patah atau rontok. Disarankan oleh AAD untuk tidak menyisir rambut saat basah, terutama untuk rambut lurus. Untuk rambut keriting, disarankan untuk menyisir dalam keadaan lembap.

 

6. Menggunakan Produk Perawatan Rambut yang Mengandung Alkohol

Produk perawatan rambut yang mengandung alkohol dapat membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Selain itu, penggunaan produk tersebut dalam jangka waktu lama juga dapat menyebabkan kerontokan.

 

7. Menggunakan Produk Penataan Rambut yang Tahan Lama

Penggunaan produk penataan rambut dengan daya tahan yang lama dapat menyebabkan kerusakan atau kerontokan rambut.

 

Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas, Anda dapat membantu mengurangi risiko kerontokan rambut yang berlebihan dan menjaga kesehatan rambut Anda dengan lebih baik.

Tinggalkan Balasan