Waspada Bahaya BAB Sambil Main HP, Rentan Tertular Penyakit

Jakarta, KabarBerita.id — Sebagian orang kerap membawa ponsel ke toilet demi membunuh rasa bosan. Namun hati-hati sebab ada sederet bahaya main HP sambil BAB (buang air besar).

Beberapa tahun lalu ramai kabar seorang pria dari Chongqing, China yang lumpuh gara-gara duduk di toilet terlalu lama. Setelah 30 menit, dia ditemukan tak sadarkan diri dan lumpuh.

Melansir dari World of Buzz, dokter menyebut pria 24 tahun ini duduk di posisi yang sama dalam waktu lama. Sirkulasi darah jadi terhambat ditambah sirkulasi udara di toilet yang kurang baik.

Melihat pengalaman pria tersebut, tentu Anda perlu pikir panjang sebelum berlama-lama duduk di toilet. Tak cuma risiko kelumpuhan, ada beberapa bahaya main HP sambil BAB.

1. Rentan tertular penyakit
Dari seluruh area rumah, toilet atau kamar mandi adalah tempat yang dihuni banyak sekali kuman. Segala elemen di kamar mandi menampung kuman seperti keran, pintu dan gagang pintu, dan pengering tangan.

Tangan pasti bersentuhan dengan benda-benda tersebut sehingga kuman bisa berpindah ke ponsel.

Melansir dari Times of India, studi yang diterbitkan Journal Annals of Clinical Microbiology and Antimicrobials menemukan 95 persen ponsel petugas kesehatan dipenuhi bakteri penyebab infeksi seperti, salmonella, E. Coli, dan C. Difficile.

2. Ponsel penuh kuman
Pernahkah Anda membersihkan ponsel setelah dari kamar mandi? Orang mencuci tangan setelah dari kamar mandi tapi tak pernah membersihkan ponselnya.

Ponsel yang dibawa ke kamar mandi membawa kuman dan tetap menempel di sana. Kuman-kuman ini dapat dengan mudah memicu infeksi.

3. Memicu kecemasan
Teknologi di satu sisi membawa kemudahan, di sisi lain bisa memicu stres.

BAB jadi waktu luang atau jeda dari stres. Kalau membawa ponsel sambil BAB, Anda sama saja membawa lebih banyak stres dan kecemasan.

Bahaya main HP sambil BAB salah satunya malah jadi susah BAB karena stres dan kecemasan.

4. Picu wasir
Membawa HP ke dalam toilet berarti memperpanjang waktu duduk di posisi yang sama sehingga berisiko wasir.

Jongkok terlalu lama membuat anus terlalu tegang, memicu nyeri, bengkak atau pendarahan di daerah panggul.

Pilihan terbaik tentu saja meninggalkan HP di luar dan benar-benar fokus pada aktivitas di dalam kamar mandi. Demikian penjelasan mengenai bahaya main HP sambil BAB.

Tinggalkan Balasan