Warga Pilih Isoman, Satgas Klaim Jadi Pemicu Masih Tingginya Angka Kasus Kematian

Jakarta, KabarBerita.id — Satgas penanganan covid-19 mengklaim bahwa banyaknya warga yang memilih untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing menjadi alasan kasus kematian covid-19 harian masih cukup tinggi dalam sebulan terakhir.

Alexander Kaliaga Ginting selaku Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Covid-19, Jumat (20/8), menuturkan bahwa banyak masyarakat yang tidak mau melakukan isolasi terpusat dan lebih memilih untuk menjalani isoman di rumah yang tanpa disadari bisa menularkan ke anggota keluarga masing-masing.

Berdasar laporan dari Satgas,Alex menyebut warga yang menjalani isoman cenderung memiliki pola yang sama selama ini. Mayoritas akan mengalami perburukan paru-paru yang tidak dapat tertangani dengan baik.

Pihaknya kini meminta masyarakat untuk tidak memaksakan diri melakukan isoman di rumah apabila mengalami gejala yang tidak memungkinkan, seperti komorbid, berusia diatas 45 tahun,serta tidak mempunyai tempat isoman yang memadai.

Pemerintah sebelumnya telah memberikan anjuran bagi pasien positif covid-19 untuk menjalankan isolasi terpusat. Tujuannya ialah dapat dilakukan pemantauan, pengawasan, dan pendampingan, serta mendapat pengobatan yang lebih terjamin.

Tinggalkan Balasan