Wali Kota Depok Ingatkan Peran Penting Posyandu

Depok, KabarBerita.id — Dalam pembukaan kegiatan pelatihan penguatan kader posyandu se-Kota Depok secara daring, Rabu (18/8) Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengingatkan peran penting posyandu di tengah masyarakat.

Wali Kota Depok menjelaskan posyandu menjadi salah satu wujud upaya terciptanya kesehatan yang bersumber daya masyarakat, dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat itu sendiri.

Ia menambahkan posyandu sebagai kegiatan dalam rangka memberdayakan masyarakat, memberikan kemudahan-kemudahan kepada mereka dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dasar bagi bayi, balita, anak dan ibu.

Dirinya mengatakan, permasalahan gizi kronis yang menyebabkan stunting pada bayi dan balita perlu penanganan secara komprehensif dan melibatkan banyak sektor sehingga dibutuhkan pengoptimalan pada kondisi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) anak di Posyandu sebagai salah satu upayanya.

Posyandu dijelaskannya merupakan lembaga yang strategis pemanfaatnya dalam pencegahan stunting serta melakukan upaya-upaya mewujudkan zero stunting.

Mohammad Idris mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sedang mengupayakan meningkatkan kapasitas kader posyandu dengan program-program pelatihan sebagai salah satu caranya. Program pelatihan diharapkan mengupgrade secara berkala pengetahuan dan pengalaman kader posyandu.

“Kader posyandu saya harap mengikuti pelatihan yang diselenggarakan dengan baik agar dapat mengimplementasikan dilapangan dengan baik juga,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan