Waktu yang Tepat untuk Lansia Lakukan Vaksin Booster Kedua

Jakarta, KabarBerita.id — Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengizinkan kelompok lansia untuk mendapatkan Booster kedua lansia vaksin covid-19.  Lalu kapan waktu yang tepat untuk vaksin Booster kedua lansia?
dalam Unggahan nya kementerian kesehatan mengatakan pemberian vaksinasi Dosis booster kedua untuk lansia bisa dimulai pada November 2022.

Kemenkes menyebut Vaksin untuk dosis booster ke-2 ini telah mendapat persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau Emergency USed Authorization (EUA) dari BPOM serta memperhatikan vaksin yang ada.

Kebijakan ini tercantum dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Kelompok Lanjut Usia. Berlaku efektif sejak ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu pada tanggal 22 November 2022.

Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa pemberian Dosis Booster kedua untuk lansia akan diberikan dengan interval enam bulan setelah vaksinasi Dosis booster pertama.

Juru Bicara COVID-19 Kementerian Kesehatan, M. Syahril dari laman Kemenkes mengatakan Percepatan vaksinasi baik primer maupun booster perlu dilakukan mengingat pasien COVID-19 yang meninggal sebagian besar adalah masyarakat yang belum divaksinasi, lansia dan orang dengan penyakit penyerta.

Tak dimungkiri kelompok lansia merupakan salah satu kelompok yang rentan terinfeksi COVID-19. Kapan waktu tepat untuk vaksinasi booster kedua lansia? Dimulai sejak November 2022. vaksin booster kedua lansia ini dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan atau di pos pelayanan vaksinasi terdekat.

Tinggalkan Balasan