Berita  

Wah, NASA Klaim Bisa Dengarkan Suara Matahari

Jakarta, KabarBerita.id — Setiap objek luar angkasa, baik itu planet, Bulan, Bintang, dan juga Matahari, memiliki karakteristik suara yang berbeda-beda. Matahari, contohnya, ternyata memiliki jenis suara yang unik.

Badan Antariksa Amerika Serikat (AS), NASA dan Badan Antariksa Eropa, ESA, ternyata sempat merekam suara dari Matahari.

Suara Matahari tersebut direkam pada 1995 silam. Dan kini, NASA kembali mencoba memodifikasi suara tersebut agar terdengar lebih jernih dan jelas.

Dilansir Slash Gear pada Selasa (31/7/2018), suara dimodifikasi menggunakan perangkat Solar and Heliospheric Observatory (SOHO) milik NASA.

Setelah dimodifikasi , suara ‘mentah’ dari Matahari ini diproses oleh ilmuwan Stanford Experimental Physics Lab. Mereka memilah suara tersebut dah mengubahnya agar bisa lebih mudah didengar telinga manusia.

“Matahari itu memiliki gelombang suara yang unik. Kami pun harus mengubah gelombang frekuensi suaranya agar bisa aman didengar manusia,” ujar Alex Young, Direktur Ilmiah SOHO.

Suara Matahari yang direkam diketahui memiliki getaran frekuensi alami. Getaran inilah yang membantu ilmuwan bisa ‘menetralisir’ ke jenis suara yang lebih halus.

“Getaran tersebut memungkinkan kami mempelajari rangkaian suara kompleks dari Matahari, mulai dari suar hingga massa koronal,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan